Cara Mudah Melaporkan dan Membekukan Rekening Penipu Via Online

cara-melaporkan-dan-membekukan-rekening-penipu

Hai Sobat sukasukapedia.com, di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi dan Cara melaporkan rekening penipuan Via online.

Di era digital ini tidak hanya memberikan kemudahan saja, akan tetapi bisa membawa masalah baru apabila anda kurang teliti dan hati-hati. Banyak sekali modus-modus baru kejahatan di era modernisasi ini, bukan hanya modus penipuan transaksi online saja, namun ada beberapa aksi kejahatan yang lainnya di jaman sekarang. Beberapa di antaranya ialah :
  1. Penipuan transaksi online
  2. Terorisme dan radikalisme
  3. Pencucian uang dan korupsi
  4. Pemerasan
  5. Investasi fiktif online
  6. Dan kejahatan lainnya.
Dalam beberapa jenis kejahatan diatas, yang paling sering saya jumpai ialah penipuan transaksi online dan investasi online fiktif. Tak heran, kejahatan jenis ini mampu merugikan korbannya hingga jutaan bahkan sampai dengan puluhan juta, hal ini di sebabkan karna si calon korban biasanya tergiur dengan iming-iming keuntungan berlipat yang di tawarkan si penipu ke calon korbannya.


Nah, untuk itu hati-hati ya dalam melakukan transaksi, cek selalu rekening sebelum bertransaksi dengan orang yang belum di kenal. Dan untuk anda yang pernah menjadi korban kejahatan di atas, anda bisa melaporkan rekening penipuan via online dan membekukan rekening orang tersebut...

Simak langkah-langkahnya di bawah ini :

Cara Melaporkan Rekening Penipu Via online

1. Kunjungi situs web resmi menkominfo di cekrekening.id.

2. Setelah anda mengunjungi situs web resmi menkominfo di Cekrekening.id anda akan di hadapkan dengan tampilan seperti gambar di bawah ini.
cek-rekening-id-melaporkan-rekening-penipu

4. Pilih bank dan masukkan nomor rekening penipu, untuk selanjutnya centang captcha Saya Bukan Robot dan klik Periksa Rekening.

5. Selanjutnya, Klik Laporkan Rekening Ini apabila anda ingin melaporkannya, jika anda hanya ingin mengecek nya, meski belum pernah ada yang melaporkannya, anda harus tetap hati-hati dalam bertransaksi.

6. Setelah anda mengklik Laporkan Rekening ini anda akan di bawa ke tahap berikutnya, lihat gambar di bawah ini.

mengirim-laporan-untuk-membekukan-rekening-penipu

7. Isi semua kolom yang di perlukan seperti nama pemilik rekening, kategori kejahatan, jumlah kerugian yang kita alami, sumber penipuan, kronologi kejadian, dan beberapa screenshot bukti chat transaksi dengan penipu.

8. Kemudian Submit dan buat laporan.

Nah, demikian tutorial Untuk Cara melaporkan Rekening Penipuan Via online, dengan informasi ini semoga anda bisa lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi

NB: Jangan lupa untuk membuat laporan ke kantor polisi terdekat dan melaporkan rekening di bank penipu, untuk mempercepat pembekuan rekening.

0 Comments