Cara Blokir Panggilan, SMS, dan Kontak di Hp Android

Terkadang kita memang perlu untuk memblokir nomor-nomor telepon yang mengganggu kita agar tidak lagi menelepon atau mengirim pesan yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, sehingga mengganggu kenyamanan kita.

cara-blokir-panggilan-sms-kontak-di-android-

Berbagai macam ponsel pintar untungnya sudah dilengkapinya dengan fitur keamanan khusus yang bisa digunakan untuk memblokir nomor telepon, termasuk di antaranya adalah ponsel-ponsel Android buatan perusahaan ternama OPPO.
Melalui antarmuka sistem khusus buatannya, ColorOS, OPPO membekali setiap perangkat miliknya dengan fitur cerdas pemblokiran panggilan maupun pesan. Fitur ini bisa digunakan untuk memblokir siapa saja yang bermaksud mengganggu kamu seperti nomor yang tidak diketahui dan nomor yang di privat atau disembunyikan.
Untuk menggunakan fitur dari ColorOS Android ini, kamu bisa mengaturnya dengan langkah dan cara yang sangat mudah yaitu melalui :

Cara Blokir Panggilan, SMS, dan Kontak di Hp Oppo

  1. Pengaturan
  2.  Keamanan
  3.  Anti-Gangguan
  4. lalu masuk ke menu Blokir Panggilan atau Blokir Pesan sesuaikan dengan apa yang ingin kamu atur.
Selanjutnya di menu Blokir Panggilan, kamu juga bisa mengaktifkan beberapa fitur menu pemblokiran seperti pemblokiran untuk semua panggilan masuk, pemblokiran untuk panggilan tidak dikenal, atau pemblokiran untuk nomor yang disembunyikan atau di privat.
Sementara yang ada di fitur menu Blokir Pesan, kamu bisa menambahkan kata kunci sebagai filter kotak masuk atau mengaktifkan pemblokiran untuk semua pesan yang berasal dari nomor-nomor tidak di simpan di kontak atau tidak dikenal.
Sayangnya, nomor yang suka mengganggu kadang-kadang tidak hanya berasal dari nomor yang tidak ada dikontak atau tidak dikenal saja. Beberapa nomor yang tersimpan di dalam kontak pun ikut mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon yang bisa cukup mengganggu kenyamanan kita.
Kasus seperti ini untungnya pun tak dilupakan oleh Oppo. Perusahaan besar yang yang sangat terkenal dan masih sedarah dengan Vivo, Realme, dan OnePlus ini juga telah membekali fitur menu yang bisa digunakan untuk memblokir nomor yang ada di dalam kontak. Jadi kita tidak hanya bisa blokir nomor yang tidak di kenal atau tidak ada di dalam kontak saja ya, kita juga bisa memblokir nomor yang tersimpan di kontak yang menurut kita mengganggu dan sering membuat risih.
Kamu hanya perlu memasukkan nomor tersebut ke dalam daftar hitam yang disediakan oleh ponsel. Bagi kamu yang belum tahu cara blokir nya, kamu bisa memasukkan nomor ke daftar hitam secara langsung dari daftar kontak seperti penjelasan di bawah ini:

Cara Blokir Nomor di Kontak Secara Langsung

  1. Buka Kontak di ponsel
  2. Lalu cari nomor orang yang akan diblokir. 
  3. Jika sudah ketemu, pilih nomor tersebut kemudian pilih Tambah Ke Daftar Hitam dan konfirmasi dengan opsi yang sesuai.
Setelah masuk ke daftar hitam, nomor tersebut tidak akan bisa lagi untuk mengirim pesan atau menelepon kita. Oleh karenanya, kamu perlu menghapusnya dari daftar hitam jika ingin mengembalikan nomor tersebut agar tidak terblokir seperti semula.
Untuk hal ini, kamu juga bisa melakukan cara yang tak jauh berbeda pada saat akan menambahkan kontak ke daftar hitam simak langkah dan cara membuka blokir kontak di bawah ini:

Cara buka Blokir Kontak

  1. Buka Kontak 
  2. cari nomor tersebut lalu memilihnya
  3. Kemudian mengetuk opsi Hapus Dari Daftar Hitam yang muncul.

Kamu bisa menggunakan beberapa langkah ini untuk berbagai macam Versi atau Type perangkat Android buatan Oppo. Namun perlu saya ingatkan kembali, langkah-langkah tersebut ditulis berdasarkan ColorOS 6 ke atas sehingga kamu perlu menyesuaikannya jika menggunakan versi yang lebih lawas. Apabila ada kendala terkait Cara Blokir Panggilan, SMS dan Kontak di Hp Oppo kamu bisa menanyakannya secara langsung di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.