Cara Screenshot Laptop dengan Mudah

cara-mengambil-screenshot-di-laptop-tanpa-aplikasi

Screenshot atau Tangkapan layar bila di terjemahkan dalam bahasa indonesia merupakan fitur untuk mengambil gambar yang berasal dari layar, baik itu di smartphone, komputer, ataupun laptop.

Biasanya fitur screenshot ini sering digunakan untuk mengambil gambar menarik seperti mengirimkan bukti chatting, atau membuat sebuah tutorial dan sebagainya.

Apalagi saat kita ingin melakukan sebuah presentasi, tentu fitur screenshot ini sangatlah penting untuk digunakan.

Untuk mengambil screenshot laptop pada dasarnya sangatlah mudah melakukannya.

Kebanyakan orang mengambil screenshot laptop menggunakan bantuan aplikasi atau aplikasi tambahan. Tetapi kita juga bisa melakukan screenshot di laptop tanpa menggunakan tambahan aplikasi.

Kalau kamu penasaran tentang bagaimana cara melakukan Screenshot di Laptop tanpa aplikasi, simak langkah dan cara-caranya di bawah ini.

Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Setiap tombol pada laptop pastinya memiliki tombol Print Screen. Biasanya tombol ini berada pada pojok kanan atas laptop kamu.

Untuk penggunaan Tombol Print Screen dalam melakukan Screenshot sangatlah mudah, yaitu dengan:
  1. Cari halaman yang ingin kamu Screenshot.
  2. Apabila sudah ada, Tekan saja tombol print screen yang ada di keyboard.
  3. Buka aplikasi Paint di dalam laptop, gunakan kombinasi tombol CTRL+V dan lihatlah hasil screenshot yang telah kamu lakukan.
  4. Simpan dengan cara Klik File => Save As.

2. Kombinasi Alt+ Print Screen

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan kombinasi Alt+ Print Screen. Pada dasarnya cara ini tidaklah jauh berbeda dengan cara yang ada di poin pertama.

Hanya saja pada kombinasi Alt+ Print Screen ini kita hanya bisa melakukan screenshot pada aplikasi yang sedang berjalan saja. Artinya kalau kamu sedang bermain game sambil membuka browser, maka aplikasi yang aktifnya saja yang bisa di Screenshot dengan kombinasi Alt+ Print Screen ini.

Cara melakukan Screenshot dengan kombinasi Alt+ Print screen sangatlah mudah di lakukan, kamu hanya tinggal menekan tombol Alt+ Print Screen secara bersama.

Lalu kemudian, kamu buka aplikasi paint dan paste di sana.

Apabila saat melakukan screenshot kamu sedang bermain game, maka itulah gambar layar yang akan di tangkap. Bahkan aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar dan taskbar juga tidak akan terkena screenshot.

Untuk selanjutnya tinggal kamu Simpan dengan cara Klik File => Save As.

3. Kombinasi Windows dan Print Screen

Untuk kamu yang tidak ingin ribet tanpa harus membuka aplikasi paint dan ingin langsung tersimpan di laptop kamu, maka kombinasi simpel windows dan print screen jadi jawabannya.

Pada beberapa poin di atas kita bisa melihat bahwa, ketika menyimpan hasil screenshot maka kita harus membuka aplikasi paint terlebih dahulu. Nah, di metode Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi kali ini, kamu tidak perlu lagi membuka aplikasi paint untuk menyimpan hasil screenshot.

Untuk cara screenshot nya pun sangatlah mudah dan tanpa ribet. Berikut ini cara screenshot menggunakan metode kombinasi windows dan print screen.
  1. Buka jendela windows atau browser dan pilih target yang ingin kamu screenshot
  2. Tekan tombol windows dan print screen secara bersamaan pada keyboard
  3. Cek hasil screenshot pada C:\User(nama user)\picture\screenshot di sana semua tangkapan layar tersimpan.
Kalau berhasil kamu akan melihat gambar hasil screenshot kamu tadi. Simpel bukan?

4. Kombinasi Windows + Shift + S

Kalau kamu ingin menangkap layar pada bagian tertentu saja, maka lakukan kombinasi Windows + Shift + S untuk membuat screenshot di laptop pada bagian tertentu saja.

Terkadang, kita memiliki keinginan untuk membuat tangkapan layar atau screenshot hanya pada bagian tertentu saja dan bukan full layar. Berikut ini merupakan cara mengambil Screenshot dengan kombinasi Windows + Shift + S.
  1. Cari dan tentukan target screenshot.
  2. Gunakan kombinasi Windows + Shift + S sampai kursor berubah menjadi tambah atau plus (+).
  3. Blok bagian yang ingin kamu screenshot
  4. Secara otomatis layar yang sudah kamu blok akan di ambil dan akan muncul notifikasi yang ada di pojok kanan bawah.
  5. Klik notifikasi tersebut dan kamu akan di arahkan ke halaman snip and sketch (bisa kamu edit sesuai keinginan kamu).
  6. Klik tombol save di atas untuk menyimpan hasil screenshot yang telah di edit.
Untuk bisa menggunakan screenshot dengan kombinasi ini hanya bisa di lakukan di laptop dengan windows 10 saja.

Di atas merupakan beberapa Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi, apabila ada yang tidak kamu mengerti atau kamu memiliki cara yang lebih mudah, komentari postingan ini pada kolom komentar yang ada di bawah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.