Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Di jaman kemajuan teknologi seperti sekarang ini, mungkin kamu sudah tahu bahwa banyak perusahaan teknologi yang sedang berlomba-lomba untu meningkatan fitur pada Smartphone android yang mereka produksi.

Salah satu fitur yang di utamakan peningkatannya adalah fitur kamera yang sudah semakin canggih dan bagus. saking canggih dan bagusnya fitur kamera pada saat ini, rata-rata kualitas kamera yang ada pada hp android  sudah diatas 12 mega pixel.

Dengan kualitas dan resolusi kamera yang tinggi, dan di dukung dengan sensor kamera yang tepat, tentu saja kita bisa bisa menghasilkan kualitas hasil jepretan foto yang sangat bagus.

Akan tetapi di balik kelebihan pasti ada kekurangannya, dengan kamera yang bagus ini biasanya adalah ukuran atau size foto yang besar. Biasanya dalam satu jepretan foto bisa mencapai ukuran satu MB sampai dengan puluhan MB.

cara-mengecilkan-ukuran-foto

Tapi kamu tenang saja, karena kita juga bisa mengecilkan size ukuran foto atau resolusi hasil jepretan tanpa mengurangi kualitasnya.

Nah untuk mengatasi persoalan yang sudah saya jelaskan diatas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara mengecilkan ukuran foto di yang akan di bahas di sini.

Kamu juga mungkin sudah tahu bahwa semakin besar ukuran foto dan gambar tidaklah menjamin bahwa hasil jepretan tersebut bagus. Maka kamu perlu kompres foto tersebut, untuk langkah-langkahnya silahkan kamu simak di bawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran dan Resolusi Foto Secara Online

Pada cara yang pertama sukasukapedia akan membahas cara yang paling gampang, simpel dan mudah di gunakan. Berikut ini merupakan beberapa cara mudah untuk mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas.

Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan TinyJPG

cara-mengecilkan-ukuran-foto-menggunakan-tiny-jpg

    tinyjpg.com    
  1. Langkah pertama silahkan kamu kunjungi situs tinyJPG.com , melalui aplikasi browser yang ada di perangkat mu.
  2. Untuk selanjutnya, silahkan kamu masukkan foto atau gambar yang akan kamu kecil kan ukuran ataupun resolusi ke bagian drop your png. Or jpg. Files here , kemudian kamu cari dan pilih foto yang akan kamu kecilkan ukurannya.
  3. Jika langkah di atas sudah selesai, maka proses kompres foto akan berjalan secara otomatis. Tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai.
  4. Setelah proses kompres berjalan kamu unduh foto hasil kompres tersebut.

Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Compressor.io

cara-mengecilkan-ukuran-foto-menggunakan-compressor-io

    Compressor.io    
  1. Langkah pertama cara mengecilkan foto secara online via website compressor.io yaitu kamu kunjungi situs website comressor.io pada browser yang ada di hp android kamu atau klik link di bawah gambar diatas.
  2. Klik Select File untuk memilih foto yang ingin kamu perkecil ukurannya.
  3. Cari foto yang ingin kamu perkecil ukurannya, kemudian klik Open untuk mengupload dan memulai proses kompres.
  4. Kamu tunggu hingga proses kompres nya selesai.
  5. Nah, ketika proses kompres fotonya selesai, kamu unduh fotonya dengan cara klik unduh your file.

Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Krake.io

cara-mengecilkan-ukuran-foto-menggunakan-kraken-io
    Kraken.io    
  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka situs website Kraken.io pada browser kamu, atau klik link di bawah gambar diatas.
  2. Setelah kamu masuk ke dalam website kraken.io, selanjutnya kamu klik Try Free Web Interface.
  3. Setelah tampilannya berubah, selanjutnya kamu klik tanda panah yang bertuliskan " Click to Upload or Drag and Drop Your Image Here ".
  4. Kemudian kamu cari dan pilih foto yang ingin kamu kecilkan ukuran dan resolusinya.
  5. Setelah kamu memilih foto yang ingin di kecilkan ukurannya, selanjutnya kamu klik open.
  6. Kamu tunggu proses kompres foto hingga selesai.
  7. Setelah proses mengecilkan ukuran foto selesai, kamu klik unduh file.
  8. Dan yang terakhir yang harus kamu lakukan adalah klik kanan dan save image.

Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan iLoveIMG

cara-mengecilkan-ukuran-foto-menggunakan-iloveimg

    iLoveIMG.com    
  1. Langkah pertama silahkan kamu buka situs website iLoveIMG.com melalui browser yang ada di perangkat kamu atau klik link di bawah gambar.
  2. Setelah masuk ke website iLoveIMG , selanjutnya silahkan kamu cari dan pilih foto yang akan kamu perkecil ukurannya ke menu Select Images or Drop Images here, atau kamu juga bisa klik menu select image selanjutnya kamu pilih gambar yang akan kamu kompres resolusinya.
  3. Kemudian kamu klik tombol Compress Images.
  4. Kamu tunggu beberapa saat proses mengecilkan foto sampai selesai prosesnya.
  5. Dan cara terakhir kamu tekan unduh Compressed Images untuk mengunduh hasil foto yang sudah di kompres.
Nah itulah beberapa cara untuk mengecilkan ukuran dan resolusi foto yang bisa kamu coba. Apabila ada kendala bisa kamu sampaikan dengan cara mengomentari artikel ini di kolom komentar yang ada di bawah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang membutuhkan.