10 Aplikasi Terbaik Untuk Mencari Lowongan Pekerjaan Terbaru

Saat ini mencari lowongan pekerjaan tidaklah semudah dengan apa yang kita bayangkan, menurut data survei yang telah dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, mencatat setidaknya ada lebih dari 7 juta orang yang masih menganggur dan belum memiliki pekerjaan.

Selain dari Sumber Daya Manusia yang belum di benahi seutuhnya, salah satu penyebab banyaknya pengangguran adalah minimnya informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada diluar sana. Padahal saat ini sudah sekali yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan baik dari pihak negeri maupun dari pihak swasta.

Pada jaman dahulu mungkin para pencari kerja harus mendatangi satu persatu pabrik atau perusahaan yang ingin dilamar  atau hanya sebatas mencari informasi soal lowongan pekerjaan satu persatu.

Seiring berkembangnya jaman, mungkin ada beberapa diantara kamu yang suka mencari lowongan pekerjaan di majalah-majalah ataupun koran harian. Tetapi dijaman teknologi seperti saat ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk mengunjungi satu persatu perusahaan atau membeli koran untuk mengetahui informasi seputar lowongan kerja.

Saat ini sudah banyak sekali website-website atau aplikasi lowongan pekerjaan yang bisa membantu kamu dan memudahkan para pencari kerja yang lainnya untuk mendapatkan informasi seputar loker.

Jadi kamu tidak perlu berkeliling kesana kemari untuk mendatangi perusahaan dan mencari informasi seputar lowongan pekerjaan. Hal ini tentunya sangat effisien buat kamu yang sedang mencari loker, karena tidak menambah pengeluaran biaya untuk transport mencari lowongan.

Dengan pencarian kerja melalui website atau aplikasi maka pencari kerja bisa melihat perusahaan dan posisi pekerjaan yang sedang dibutuhkan, dan kamu juga bisa mencari posisi yang cocok untuk kamu.

Selain itu aplikasi yang ada pada saat ini telah memfasilitasi para pencari kerja dengan pilihan fitur yang menarik, beberapa diantaranya seperti:
  1. Resume Profesional
  2. Format CV yang lengkap
  3. Ulasan wawancara
  4. Dan sebagainya

10 Aplikasi  Terbaik Untuk Mencari Lowongan Pekerjaan Terbaru

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan

Berikut ini merupakan 10 Aplikasi Terbaik Untuk Mencari Lowongan Pekerjaan Terbaru yang akan membantu dan memudahkan kamu.

1. Jobstreet

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan-1


Jobstreet merupakan salah satu website dan aplikasi lowongan kerja yang sudah sangat populer di Indonesia.

Aplikasi jobstreet ini dirancang dan dibuat oleh sebuah perusahaan di Malaysia. Ada lebih dari 250 ribu lebih lowongan pekerjaan yang sudah disediakan dan pencari kerja sudah bisa menggunakan aplikasi ini untuk melamar kerja langsung melalui aplikasi ini.

Aplikasi jobstreet juga tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan untuk di Indonesia saja, tapi juga dari negara-negara yang lainnya seperti Filipina, Singapura, Vietnam, Serta negara pencipta aplikasi itu sendiri yaitu dari negara Malaysia.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sangat elegan dan sederhana, sehingga memudahkan kamu para pencari kerja dalam menggunakannya. 
Pada bagian menu pencariannya juga sangat lengkap sekali, kamu bisa mencari pekerjaan berdasarkan posisi, gaji, nama perusahaan, dan sebagainya.

Dengan kemudahan yang diberikan aplikasi ini, maka pengguna bisa mencari kerja berdasarkan kemampuan, pengalaman, dan minatnya.

Didalam aplikasi ini juga telah disediakan profil yang memungkinkan kamu untuk membuat resume yang keren serta menarik untuk keperluan evaluasi dari penyedia lowongan pekerjaan.

Seperti halnya lowongan pekerjaan pada umumnya, jobstreet berperan sebagai fasilitator atau penyedia fasilitas untuk menghubungkan antara pencari loker dengan perusahaan secara langsung.

Aplikasi jobstreet ini juga memudahkan pencari loker dengan fitur-fitur canggih namun simpel dan dengan adanya tambahan fitur mobile notification para pengguna bisa menerima notifikasi setiap ada loker terbaru yang tersedia.

Sebagai adminnya Lina Jobstreet selalu senantiasa memberikan notifikasi disetiap ada lowongan pekerjaan baru setiap saat melalui email yang pengguna daftarkan, dan kamupun bisa langsung melamar pekerjaan tersebut melalui Hp android kamu.

Aplikasi jobstreet ini salah satu rekomendasi untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan.

2. Indeed

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan-2


Aplikasi job search merupakan website yang digunakan untuk mencari informasi seputar lowongan pekerjaan yang paling lengkap dan diklaim sebagai situs pencari kerja nomor satu didunia.

Aplikasi indeed pada awalnya merupakan sebuah website pencari kerja yang sudah populer didunia, dan pada saat ini indeed sudah tersedia untuk ponsel android.

Aplikasi Indeed ini sudah menyediakan berbagai macam fitur yang gunanya untuk mempermudah para pencari kerja dengan lebih dari 200 juta lowongan yang terus di update setiap saat.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Indeed juga dilengkapi dengan fitur GPS yang memungkinkan kamu untuk mencari informasi lowongan pekerjaan di sekitarmu dengan akurat.

Sama seperti aplikasi pencari lowongan kerja yang lainnya, tampilan aplikasi Indeed juga sangat sederhana sehingga mudah untuk kamu gunakan.
Aplikasi Indeed juga bukan hanya menyediakan informasi lowongan pekerjaan full time saja, kamu juga bisa mencari lowongan kerja part time, kontrak, freelance, hingga magang.

Jadi aplikasi Indeed ini akan menemani kamu dalam mencari kerja hingga melamar pekerjaan yang kamu temukan disini.

3. Kalibrr

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan-3


Aplikasi pencari lowongan pekerjaan berikutnya adalah Kalibrr. Kalibrr merupakan sebuah perusahaan yang menggabungkan platform rekrutmen berbasis AI dan layanan employer branding untuk membantu perusahaan menampilkan kualitas dan nilai mereka, menarik kandidat calon pekerja yang tepat, dan merealisasikan proses yang lebih baik dan efektif.

Aplikasi Kalibrr didirikan oleh sebuah perusahaan yang bernegara di Filipina yang dihadirkan di Indonesia pada tahun 2016 lalu.
Sejak kehadirannya di Indonesia, aplikasi ini sudah memiliki lebih dari 650 ribu kandidat yang sudah mencantumkan profilnya.

Tidak hanya sebatas menyediakan informasi lowongan pekerjaan saja, aplikasi kalibrr ini juga merekomendasikan pekerjaan dan perusahaan terbaik berdasarkan kemampuan, pendidikan dan minat kandidatnya.

Salah satu fitur yang telah tersedia dan menjadikannya sebagai fitur unggulan adalah test soft skill secara online berdasarkan spesialisasi pencari kerja. Tes ini yang menjadi pengganti psikotes yang umumnya sering dilakukan dalam proses perekrutan.

Tentunya aplikasi ini tidak sembarangan dalam membuat soal tes, karena telah bekerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) yang secara spesifik sangat peduli peningkatan kualitas SDM di negara yang sedang berkembang.

Tidak hanya tersedia tes soft skill saja, aplikasi ini juga telah dirancang agar perusahaan dapat mencantumkan pertanyaan sendiri sesuai yang di inginkan perusahaan tersebut dalam seleksi calon pekerja.

Adapun perusahaan-perusahaan yang sudah memasang lowongan pekerjaan di aplikasi ini beberapa diantaranya adalah Gojek, Bukalapak, BCA, Bank Mandiri, Unilever, PWC, Pegadaian, Asuransi dan sebagainya. Apabila ditotal kurang lebihnya sudah ada 300 perusahaan.

Dengan adanya aplikasi ini, pencari kerja cukup membuat CV saja sebagai modal untuk mempromosikan diri.

Apabila pencari kerja masih belum menemukan pekerjaan yang tepat, maka aplikasi ini akan memberikan rekomendasi pekerjaan lainnya yang tersedia.

4. Linkedln

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan-4


Linkedln merupakan sebuah website dan juga aplikasi media sosial yang diciptakan untuk membangun dan mengembangkan jaringan profesional para penggunanya. 

Akan tetapi aplikasi Linkedln ini berbeda dengan media sosial yang lainnya, karena aplikasi ini lebih di khususkan untuk para pencari lowongan pekerjaan, membangun brand secara profesional, sebagai networking, dan membantu marketing suatu perusahaan.

Banyaknya perusahaan-perusahaan dari mulai yang terkecil sampai perusahaan besar yang sudah bergabung dengan aplikasi yang satu ini. Sehingga Linkedln bisa menunjukkan resume terbaiknya. Apabila kamu dapat membranding diri melalui resume ini, peluang kamu untuk di pekerjakan di perusahaan semakin besar.

Aplikasi ini telah dirancang dengan beberapa fitur yaitu fitur pencarian berdasarkan lokasi, tanggal postingan lowongan, dan pencarian berdasarkan perusahaan yang kamu inginkan.
Kamu juga bisa mendapatkan saran lowongan pekerjaan yang sesuai secara otomatis, dan sebagainya.

Menariknya lagi aplikasi Linkedln memiliki fitur notifikasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill kamu, hal ini dikarenakan sebelum kamu masuk ke aplikasi kamu akan disuruh untuk mengisi data diri kamu dan skill kamu.

5. Jobs id

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan-5


Jobs.id merupakan sebuah website Informasi lowongan pekerjaan, seiring dengan waktu berjalan, website ini di kembangkan menjadi sebuah aplikasi yang berguna agar pencari loker lebih mudah untuk mengaksesnya.

Tidak jauh beda dengan aplikasi yang lainnya, disini kamu bisa mencari informasi lowongan kerja, mendaftarkan diri kamu, dan membuat resume atau CV.

6. Line Jobs

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan-6


Kebanyakan orang mengenal Line hanya sebatas aplikasi sosial media saja. Tetapi di dalam aplikasi ini kamu tidak hanya bersosial media saja. Sekarang line telah membuat inovasi baru dengan menambahkan fitur yang bisa digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan, fitur tersebut dinamakan dengan Line Jobs.

Pada fitur Line Jobs inilah para penggunanya dapat mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memiliki akun line kemudian kamu bisa langsung membuka fitur barunya yaitu Line Jobs dan carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu.

Line Jobs sama seperti aplikasi penyedia lowongan pekerjaan yang lainnya, Line jobs juga selalu update dalam menyajikan informasi seputar lowongan pekerjaan terbaru.

Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana yang memudahkan penggunanya untuk melihat waktu iklan, jenis pekerjaan, dan persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar kerja.

7. Freelancer - Hire and Find Jobs

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan-7


Pada umumnya banyak aplikasi informasi lowongan pekerjaan yang hanya menyajikan untuk pekerjaan tetap saja, freelancer sendiri jauh berbeda dengan aplikasi yang lainnya.

Sesuai dengan namanya yaitu freelancer, aplikasi ini dikembangkan untuk para pekerja yang mengincar kebebasan dan tidak mau terikat dengan instansi yaitu jenis pekerjaan paruh waktu atau freelance.

Aplikasi freelance akan membantu para pencari informasi pekerjaan paruh waktu atau freelance dengan cara menghubungkan dengan perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut.

Adapun bidang pekerjaan yang biasanya dibutuhkan didalam aplikasi ini seperti
  1. Pengembang software
  2. Penulis
  3. Desain ilmu-ilmu
  4. Marketing
  5. Akuntansi
  6. Jasa hukum
  7. Dan sebagainya
Pekerjaan diatas cukup fleksibel yang bisa dikerjakan dimana saja tanpa memerlukan ruang dan lokasi tertentu untuk mengerjakan pekerjaannya.

Cara penggunaan aplikasi inipun sangat mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan diri kamu untuk sign up dan mengisi data diri kamu sebagai informasi. Setelah itu akan muncul beberapa rekomendasi lowongan pekerjaan berdasarkan kualifikasi dan kemampuan kamu.

8. JobsDB Job Search

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan-8


JobsDB merupakan salah satu aplikasi penyedia informasi berupa karir, recruitment, dan informasi lowongan pekerjaan.
JobsDB terkenal sebagai penyedia informasi dan lowongan pekerjaan terlengkap di Asia dengan lebih dari 120 ribu iklan lowongan pekerjaan yang selalu di update setiap saat.

Aplikasi JobsDB tidak hanya memberikan informasi lowongan pekerjaan yang berasal dari Indonesia saja, bahkan tersedia loker dari negara tetangga seperti Hongkong, Malaysia, Singapura, Thailand dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini tentu sangat cocok buat kamu yang ingin berkesempatan untuk berkarir diluar negeri.

Ada beberapa fitur filter yang tersedia di aplikasi JobsDB guna memudahkan dalam pencarian lowongan pekerjaan, fitur tersebut antara lain sebagai berikut
  1. Pencarian berdasarkan kata kunci dan fungsi pekerjaan
  2. Gaji
  3. Lokasi perusahaan
  4. Pencarian secara aktual
Untuk cara penggunaannya, aplikasi JobsDB di kembangkan dengan tampilan yang sederhana, guna mempermudah para pencari lowongan pekerjaan.

9. Job Today - Jobs in 24hrs

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan-9

Job Today mengeklaim bahwa penggunanya akan mudah mendapatkan pekerjaan hanya dengan kurun waktu 24 jam saja. Dengan menggunakan aplikasi ini memungkinkan pencari loker akan mendapatkan pekerjaan dengan waktu yang singkat.

Dalam aplikasi pencari kerjaan ini terdapat pekerjaan baik full time maupun part time di bidang restoran, perhotelan, ritel, asuransi, dan marketing.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi antara pencari dan perusahaan adalah sulitnya berkomunikasi. Biasanya perusahaan seringkali menolak untuk mengontak via whatsapp sedangkan pelamar kebingungan mengontak selain melalui Email.

Aplikasi ini memiliki fitur unggulan untuk mengatasi hal tersebut. Fitur tersebut yaitu fitur chat khusus untuk memudahkan pelamar dan perusahaan untuk berkomunikasi.

Yang lebih menariknya lagi, pengguna tidak membutuhkan Curiculum Vitae atau CV yang panjang. Kamu cukup melengkapi profil singkat untuk mulai mencari pekerjaan.

10. TopKarir

aplikasi-untuk-mencari-lowongan-pekerjaan-10

TopKarir menyediakan informasi seputar karir terlengkap dan sebagai aplikasi yang dapat di akses dengan mudah oleh siapapun. Top karir memiliki visi dan misi untuk membantu anak muda di Indonesia agar dapat memiliki karir yang lebih baik. Aplikasi ini menyediakan informasi lowongan pekerjaan khusus di Indonesia saja.

Aplikasi TopKarir tidak hanya memberikan informasi seputar pekerjaan saja, TopKarir juga memberikan informasi seputar magang, pelatihan, kewirausahaan, sampai beasiswa untuk Mahasiswa.

Informasi ini jarang dan sulit ditemukan di aplikasi pencari kerja yang lainnya, hal ini yang menjadikan aplikasi TopKarir terlihat unik dari pada yang lainnya.

Meski terbilang baru, aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 150 ribu kali di playstore dengan rating yang baik.

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi terbaik untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan. Dengan adanya informasi ini kamu tidak perlu lagi datang ke berbagai perusahaan untuk melamar pekerjaan.

Tinggalkan jejak ulasan seputar 10 Aplikasi Terbaik Untuk Mencari Pekerjaan pada kolom komentar dibawah ini.

0 Comments