Cara Mudah Membedakan iPhone Asli ( Ori ) dan Palsu ( HDC )

Cara Mudah Membedakan iPhone Asli ( Ori ) dan Palsu ( HDC )

iPhone merupakan jenis smartphone high-end yang sangat terkenal dan laris di pasar smartphone lokal ataupun di pasar smartphone internasional. Pons ini dikenal sebagai produk unggulan yang berkualitas dan memiliki harga yang lumayan mahal di deretan teratas. Tak heran juga ya, karena ponsel ini memiliki keunggulan lebih dari segi tampilan maupun fitur.

Mengingat banyaknya pecinta smartphone yang ingin memiliki ponsel ini namun banyak yang mengeluh karena harga smartphone yang satu ini sangatlah tinggi. Beberapa pihak tertentu memanfaatkan kondisi seperti ini dengan membuat produk palsu atau HDC dan menjualnya dengan harga lebih murah dari harga pasaran yang aslinya.


Merebaknya smartphone palsu atau HDC saat ini nampaknya membuat banyak pecinta iPhone merasa ragu saat ingin membeli smartphone besutan apple yang satu ini. Berbagai promo dan tawaran dari penjual smartphone replika ini seolah-olah asli sehingga konsumen mudah terpengaruh.

Hasilnya pengguna yang tidak mengetahui smartphone mana yang asli dan palsu berpikir kalau apple menciptakan produk iPhone yang kurang berkualitas.

Untuk kamu pecinta iPhone, kamu harus tahu perbedaan smartphone yang asli dengan yang palsu. Berikut perbedaannya :

Perbedaan iPhone Asli ( Ori ) dan Palsu ( HDC )

Membedakan iPhone yang asli dan yang palsu sebenarnya sangat mudah, kita bisa melihat perbedaannya dari beberapa bagian tertentu

Segi tampilan 
  1. logo
  2. slot kartu
  3. slot kartu memory
  4. Tombol Antar muka
  5. sekrup
  6. harga, dan 
  7. garansi.
Segi Kinerja
  1. Layar
  2. Kamera
  3. Multitasking
  4. Imei
  5. System operasi
  6. iTunes
  7. App Store
Untuk penjelasan lengkapnya, simak dibawah ini :

Perbedaan Dilihat Dari Fisik

Sebenarnya ada 2 cara mudah untuk membedakan mana iPhone yang asli dan palsu yang akan saya ulas satu persatu. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Logo


Pada ponsel iPhone asli, logo yang terletak pada bagian belakang smartphone terlihat logo buah apel yang sudah tergigit dengan tekstur yang tajam, simetris dan menempel secara alami pada body ponsel. Bahkan ketika kamu meraba logonya, logo tersebut akan terasa timbul dan halus sehingga sukar untuk tergores oleh kuku.

Berbanding terbalik dengan logo iphone HDC, biasanya kualitas logo tidak sebaik dan sebagus yang ori. Dilihat dari posisinya pun tidak simetris dan logo mudah terkelupas.

2. Slot Kartu dan Slot Memory


Tampilan slot kartu dan memory yang disatukan sudah menjadi ciri khas dan identitas dari ponsel iPhone.

Apabila ada penjual yang mengatakan " iPhone support dual sim atau bahkan bisa ditambah penggunaan kartu memory eksternal " maka sudah bisa dipastikan apabila ponsel tersebut palsu atau HDC .

3. Tombol AntarMuka

iPhone asli atau original memiliki tombol fisik yang berada dikedua sisinya yaitu tombol sleep yang terletak disisi kanan dan tombol volume up (+) dan down (-) berada disisi kiri. Kualitas tombol secara fisik akan terlihat kuat dan warnanya tidak jauh beda dengan casing ponsel bawaan.

Ketika tombol ditekan berulang kali tombol iPhone yang asli akan tetap terasa lembut, empuk dan tidak keras. Meskipun ponsel sudah di pakai bertahun-tahun tombol tersebut akan tetap kokoh dengan rasa yang sama.

Lain halnya dengan iPhone yang palsu atau HDC terkadang posisi kedua tombol tersebut tidak berada di posisinya, memiliki warna yang mudah luntur, dan juga terasa keras apabila ditekan. Ketahanan tombolnyapun tidak akan lama dan mudah rusak.

4. Sekrup


Mungkin sekrup yang ada pada ponsel iPhone akan sulit terlihat oleh kita, bahkan kita sampai harus membuka casingnya terlebih dahulu untuk melihat sekrup tersebut.

Umumnya iPhone asli atau original akan menggunakan sekrup khusus dari apple, sekrup tersebut memiliki ujung pentalobe lima. Sedangkan untuk produk palsu atau HDC biasanya menggunakan sekrup biasa saja.

5. Garansi


Penjual smartphone asli atau original pasti memiliki garansi resmi dari perusahaannya, begitupun dengan iPhone yang memiliki garansi resmi dari apple. Garansi ini dikeluarkan oleh apple untuk memberi jaminan keamanan dan juga kepuasan kepada para pelanggannya. Pihak toko yang menjual ponsel tersebut akan menjamin keaslian garansi bawaan setiap ponsel ori.

Jaminan terhadap iPhone palsu atau HDC kini tidak berlaku lagi. Sekalipun ada garansi yang ditawarkan oleh pihak konter biasanya bukan garansi resmi dari apple, melainkan garansi tersebut disediakan oleh pemilik konter tersebut.


6. Harga


iPhone yang asli atau original identik memiliki harga yang cukup mahal di pasaran. Walaupun ponsel tersebut bekas atau second tetapi masih memiliki harga tinggi dengan spesifikasi dikelasnya.

Untuk harga iPhone palsu atau HDC sendiri di banderol dengan harga dibawah rata-rata, bahkan lebih murah dibandingkan dengan harga second yang asli.


Perberdaan Dilihat dari Kinerja

Selain kita bisa melihat perbedaan dari fisiknya, membedakan iPhone asli dan palsu juga bisa dengan melihat dari kinerja smartphone tersebut. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Layar

Untuk membedakan iPhone yang asli dan palsu, kamu bisa membedakannya dengan melihat kualitas kerapatan serta ketajaman warna yang ditampilkan pada layar ponsel.

Komponen yang disematkan pada ponsel iPhone yang asli memiliki kualitas retina display yang sangat baik dan juga sangat responsif.

Jika dibandingkan dengan iPhone HDC, kualitasnya akan terlihat jauh berbeda. Smartphone palsu biasanya memiliki kualitas yang sangat rendah.

2. Kamera

Sejak dulu kamera iPhone terkenal memiliki kualitas yang sangat baik, dengan resolusi yang tinggi sehingga menghasilkan gambar atau video yang jernih dan berkualitas.

Berbanding terbalik dengan kualitas iPhone HDC yang pada umunya lebih rendah dari pada kualitas kamera ponsel android yang biasa.

Walaupun tertulis resolusi megapixel yang tinggi, tetapi kualitas hasil jepretannya tidak sama dengan iPhone original.

3. Multitasking

Salah satu perbedaan lainnya dari iPhone ori dengan HDC adalah multitaskingnya. Kinerja ponsel akan tetap berjalan lancar walaupun kita menjalankan banyak aplikasi di latar belakang layar.

Pada iPhone HDC biasanya tidak akan kuat apabila kita menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dilatar belakang. Biasanya baru menjalankan dua aplikasi secara bersamaan saja sudah terasa lemot, dan ketika menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan maka smartphone yang palsu akan hank.

4. Imei

Biasanya ponsel yang original atau resmi memiliki nomor seri sebagai identitas ponsel legal yang biasanya disebut dengan imei. Untuk mengecek imei itu sendiri tentunya sangat mudah, dial *#06# untuk menampilkan imei ponsel tersebut.

Cek imei yang ada di ponsel iPhone tersebut di laman resmi apple untuk melihat ponsel tersebut asli atau palsu.

5. System Operasi

iPhone merupakan ponsel yang memiliki system operasi sendiri yang dinamakan dengan iOS. System ini tersemat disemua produk yang dirilis perusahaan apple.

Beberapa fitur pada iPhone umumnya saling terhubung dan terintegrasi satu sama lain. 

6. iTunes

Secara umum iTunes hanya bisa digunakan pada iPhone asli atau original saja, hal ini bisa kamu cek pada perangkat komputer yang sudah terpasang iTunes.

Hubungkan iPhone dengan perangkat komputer tersebut, apabila muncul notifikasi berarti ponsel tersebut original, dan sebaliknya apabila tidak memunculkan notifikasi berarti ponsel tersebut palsu ( HDC ).

7. App store

Ponsel iPhone original memiliki market khusus yaitu App store. Apabila aplikasi ini bisa berjalan baik, berarti ponsel yang kamu miliki asli, dan sebaliknya apabila aplikasi tersebut tidak berjalan maka ponsel yang kamu miliki merupakan produk palsu atau HDC.

Jika kamu sudah mengecek satu persatu perbedaan diatas maka kamu sudah bisa memastikan iPhone tersebut asli atau palsu.