Cara Mudah Mengatasi Url atau Link yang Diblokir dan Dianggap Spam Oleh Facebook | Unblock

Cara Mudah Mengatasi Url atau Link yang Diblokir dan Dianggap Spam Oleh Facebook | Unblock

Akhir-akhir ini saya sering menemukan keluhan dari para blogger baik dari platform blogspot ataupun wordpress tentang share Url atau link ke Facebook yang sering diblokir atau dianggap spam.

Apakah kamu mengalami hal yang sama seperti mereka? Tenang gaes bukan cuma hanya kamu saja yang mengalaminya, admin sukasukapedia juga pernah mengalami hal seperti itu.

Bukan hanya diblokir atau dianggap spam saja loh ternyata, hal ini bisa menyebabkan fanspage kita didelete secara otomatis dan juga permanen oleh pihak Facebook.

Terus bagaimana ya cara mudahnya agar bisa di unblock lagi?

Hal ini tentunya membuat kesel kita, karena kita udah capek-capek nulis tetapi tidak bisa di share. Untuk kamu yang terbiasa mendatangkan trafik dari Facebook tentunya hal ini benar-benar merugikan kamu.

Kalau blog kamu diblokir atau dianggap spam, biasanya itu bersifat temporary. Mungkin karena terkena autoblock Facebook yang sudah di design untuk memblokir link yang memiliki pola tertentu.

Kasus saya kemarin adalah saya membuat blog baru yaitu binggotechnology.blogspot.com yang memiliki tema atau niche tentang teknologi, sains, tutorial, dan review tekno dengan bahasa inggris pada bulan juni kemarin. Saya kaget ketika saya tidak bisa membagikan saya di fanspage yang saya buat dan dianggap spam oleh pihak facebook, padahal sebelumnya saya belum mengeshare link artikel saya ke Fb.

Saya googling dan saya cari-cari di forum saya tidak mendapatkan solusi, ada juga dia yang membuka jasa unblock url atau link yang diblokir Facebook dengan biaya yang cukup mahal menurut saya.

Tapi tenang gaes, saat ini saya sudah menemukan cara untuk membuka blokir link atau Url yang dianggap spam oleh Facebook. Namun saya akan membagikannya secara gratis buat kamu nih, jadi kamu ga perlu bayar ya.

Namun sebelum ke tutorialnya, saya ingin membagikan beberapa penyebab Url diblokir Facebook yang saya riset sendiri. Mau tau?

Penyebab Link Atau Url Diblokir Facebook


  • Domain Gratis ( blogspot.com atau Wordpress.com )
Domain gratisan sering digunakan untuk spaming oleh beberapa orang untuk mendapatkan banyak trafik, sehingga membuat risih beberapa pengguna facebook dan mereka mereport link spam tersebut.
Hal itu juga yang mungkin menyebabkan pihak Facebook menganggap domain gratisan seperti blogspot.com atau wordpress.com sebagai spam dan mereka membuat tools Autoblock link blog yang berdomain gratisan.
  • Clickbait
Banyak yang membagikan konten-konten clickbait yang menyebabkan hilangnya kepercayaan Facebook
  • Domain Tidak atau Belum Terindex di google Web Master Tools
Google web master tools merupakan alat yang sering digunakan untuk mempercepat pengindexan artikel, sehingga artikel cepat muncul di google. 
Hal ini mungkin yang menjadi penyebab link atau url kita diblokir Facebook, karena artikel yang kita share belum ada di penelusuran google.

Nah gaes kira-kira seperti itulah hasil riset saya, jangan terlalu percaya yaa karena itu hanya sebuah analisa saja dan lebih baik menggunakan Top level domain yang bisa kamu beli dimana saja. Beberapa rekomendasi saya yaitu Domainesia.comNiagahoster, atau di Dewaweb . Terserah kamu mau membeli domainnya dimana karena semuanya berkualitas dan juga murah.

Apabila Url atau Link blog kamu masih terblokir dan dianggap spam juga oleh Facebook, kamu bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Url atau Link yang Diblokir dan Dianggap Spam oleh Facebook

Pada tutorial ini saya akan memberikan dua cara untuk membuka link yang diblokir. Simak yuk caranya dibawah ini

Cara Pertama

  1. langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka halaman Sharing Debugger di Facebook for Developers melalui link berikut https://developers.facebook.com/tools/debug/
  2. masukkan link atau url blog kamu yang diblokir dan dianggap spam oleh facebook 
  3. Apabila link atau url blog kamu benar-benar di blok oleh facebook maka akan muncul notif keterangan seperti ini 
  4. Klik bagian let us know maka akan muncul halaman seperti ini 
  5. Tulis keterangan tentang pengajuan unblock, kurang lebihnya mencakup poin-poin dibawah ini 
  • Berikan deskripsi lengkap tentang blog kamu, misalnya seperti " website saya adalah web personal yang berisi tentang tutorial, informasi teknologi, tips kesehatan " dan selebihnya bisa kamu karang sendiri
  • Berikan penjelasan kalau blog kamu tidak menyebarkan tentang hate spech, harmful, atau malicious content. Intinya jelaskan sejelas-jelasnya kalau blog kamu itu 100000000% super safe
  • Dan kalau fanspage milik kamu dihapus juga, sedangkan kamu tidak share hal yang aneh - aneh dan tidak melanggar kebijakan.
  • Minta pihak facebook untuk mereview secara otomatis maupun manual untuk memastikan bahwa blog kamu benar-benar safe.
Cara Kedua

Pada cara kedua ini kamu bisa melakukannya dengan menggunakan akun facebook kamu
  1. Posting link blog di akun facebook milik kamu. Apabila muncul notif warning seperti ini " we removed your post because it looks like spam. Go to your support inbox to learn more " 
  2. Kalau kamu sudah mendapatkan notif seperti diatas, langsung check bagian support inbox. Apabila kamu tidak tahu lokasinya, kamu klik notifikasinya.
  3. Setelah itu, nanti kamu akan mendapatkan notif selanjutnya seperti 
  4. Selanjutnya kamu klik This Isn't Spam
  5. Ulangi cara kedua ini sampai benar-benar di unblock. Minimal kamu melakukan ini sehari sekali

Cara Agar Link atau Url Tidak Diblokir dan Dianggap Spam oleh Facebook

Setelah link atau url blog kamu berhasil di unblock, selanjutnya kamu harus bisa menjaganya agar tidak diblokir kembali yaitu dengan tidak melakukan hal-hal dibawah ini
  1. Melakukan share secara berlebihan yang menyebabkan spam ( cukup share 1 artikel dalam sehari dan share ke grup tertentu saja )
  2. Hindari konten-konten yang melanggar ketentuan facebook
Nah gaes itulah beberapa cara mudah mengatasi link atau url blog kamu yang diblokir oleh pihak facebook. Semoga cara ini bisa membantu kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.