Kisi-Kisi Psikotes PT Yamaha Music Manufacturing (YMMA - YMMI)

kisi-kisi-soal-psikotes-di-pt-yamaha-music-manufacturing

Persaingan dalam mencari kerja memanglah sangat sulit, apalagi buat kamu yang belum begitu memiliki banyak pengalaman. Banyak sekali para pencari kerja yang kalah persaingan dalam proses seleksi test apalagi di perusahaan besar seperti PT Yamaha Music Manufacturing ( YMMA - YMMI ) pasti sangat ketat dan selektif.

Karena konon katanya perusahaan besar ini memberikan upah atau gaji yang fantastis, sehingga tidak heran kalau PT Yamaha Music menjadi incaran para pencari lowongan pekerjaan.

Banyaknya pelamar kerja pada perusahaan Yamaha ini mengharuskan mereka untuk memperketat seleksi psikotes dan sebagainya untuk menghasilkan pekerja yang baik.

Nah untuk kamu yang ingin bekerja dan berkarir di perusahaan besar PT Yamaha Music Manufacturing ini kamu harus bisa lolos dalam seleksi psikotes yang diadakan perusahaan ini untuk mendapatkan pekerja yang berpotensi.

Tapi tenang saja, kali ini admin sukasukapedia akan memberikan kisi-kisi psikotes buat kamu yang ingin bekerja di PT YMMA-YMMI ini.

Informasi ini saya dapatkan dari beberapa pegawai PT Yamaha Music Manufacturing yang saya update setiap saat.

PT Yamaha Music merupakan perusahaan besar yang memproduksi alat-alat musik.

Alat musik yang di produksi di PT Yamaha ini beberapa diantaranya ialah gitar, piano, drum, dan masih banyak lagi yang lainnya yang di ekspor ke 22 negara dibelahan dunia.

Baca Juga: Kisi-Kisi Psikotes PT Astra Honda Motor (AHM)

Untuk kamu yang penasaran tentang apa saja sih psikotes dalam proses perekrutan di PT Yamaha Music ini? Simak di bawah ini ya.

Kisi-Kisi Psikotes PT Yamaha Music Manufacturing (YMMA -YMMI)

psikotes-pt-yamaha-music-manufacturing

Sedikit mengulas tentang apa itu Test Psikotes untuk kamu yang belum tau dan belum memahaminya.

Psikotes merupakan test psikologi yang digunakan oleh perusahaan untuk membaca karakter, sifat, dan mental calon karyawan. Tes ini sering digunakan untuk merekrut karyawan, seleksi masuk kampus atau universitas.

Nah itulah beberapa ulasan tentang apa itu Test Psikotes.

1. Tes Kraepelin

soal-psikotes-kraepelin-di-pt-yamaha-music-manufacturing


Tes kraepelin adalah jenis tes psikotes yang berisi susunan angka-angka yang membentuk grafik.

Untuk tes kraepelin di PT Yamaha Music Manufacturing ini menggunakan sistem gugur. Jadi apabila kamu tidak lolos dalam seleksi ini maka kamu tidak akan bisa mengikuti tes berikutnya.

Dalam tes kraepelin ini kamu akan diberi kertas lebar yang berisi barisan angka yang sangat banyak.

Baca Juga: Kisi-Kisi Psikotes PT Murotech Indonesia

Tugas kamu disini adalah menambahkan dua angka yang jaraknya berdekatan mulai dari bawah keatas.

Jawabannya kamu tulis diantara kedua angka yang berdekatan tersebut.

Jadi secepat mungkin kamu harus bisa menambahkan angka pada tiap baris, karena waktu yang disediakan amatlah terbatas.

Setelah waktu habis, selesai atau tidak selesai kamu harus pindah ke baris angka berikutnya dan mulai lagi dari bawah ke atas.

Setelah kamu menyelesaikannya, maka baris angka tersebut akan membentuk grafik dan grafik itulah yang akan dinilai oleh psikolog. Grafik tersebut akan menunjukkan seberapa konsisten kamu.

2. Matematika Dasar

psikotes-matematika-dasar-pt-yamaha-music-manufacturing


Setelah lolos dalam tes kraepelin kamu selanjutnya akan mengikuti tes matematika dasar dalam Tes Psikotes di PT Yamaha Music Manufacturing. Pada tes matematika dasar ini kamu harus menguasai rumus matematika dasar.

Kamu harus menguasai rumus matematika dasar seperti perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Soalnya sangat mirip sekali dengan soal matematika sekolah dasar.

Soal matematika dasar di PT Yamaha Music Manufacturing ini, biasanya berbentuk soal cerita yang berkaitan dengan kebiasaan sehari-hari.

3. Tes PAPI Kostick

soal-tes-papi-kostick-di-pt-yamaha-music-manufacturing


PAPI Kostick merupakan tes kepribadian (psychodinamis) untuk melihat kepribadian seseorang yang dilakukan perusahaan dalam perekrutan calon pekerja. Dalam test ini akan ada 90 ( sembilan puluh ) soal yang berisikan dua pilihan jawaban yaitu Pilihan A dan Pilihan B.

Pada lembar jawaban, apabila kamu ingin memilih jawaban A maka kamu lingkari panah yang mengarah lurus ke kiri ataupun ke kanan.

Jika ingin memilih jawaban B, maka kamu lingkari diagonal yang mengarah ke atas atau ke bawah.

Pada Tes PAPI Kostick dalam psikotes kali ini tidak ada jawaban yang benar ataupun salah, karena test ini bertujuan untuk melihat kepribadian kamu.

Jadi pilihlah jawaban yang menggambarkan kepribadian kamu.

Semisal :
A. Saya suka mengatur orang lain
B. Saya tidak suka diatur orang lain

Dari kedua jawaban diatas, jawaban A memiliki karakter dan kepribadian pemimpin, suka mengatur tetapi mau diatur. Sedangkan jawaban B memiliki karakter memimpin namun tidak suka diatur.

Ada cara agar kamu bisa lolos dalam seleksi tes Papi Kostick di PT Yamaha Music Manufacturing ini, apabila kamu ingin mengetahuinya silahkan berlangganan atau follow website ini di bagian bawah artikel agar kamu tidak ketinggalan postingan yang berikutnya.

4. Tes Tiu 5

tes-tiu-5-psikotes-pt-yamaha-music-manufacturing


Tes Tiu atau tes intelegency umum dalam psikotes merupakan tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Tiu sendiri digunakan untuk menguji kemampuan verbal, numerik, pola pikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.

Pada seleksi tes Tiu 5 di PT Yamaha Music Manufacturing ini, Kamu akan diberikan 3 gambar dalam tes psikotes Tiu. A, B, C, dan jawabannya adalah D

Kamu harus bisa menentukan mana gambar D yang menjadi jawaban tersebut.

Gambaran polanya adalah:
Gambar A akan dirubah menjadi gambar B, kamu harus bisa melihat perubahan apa yang terjadi ketika Gambar A menjadi gambar B. Apakah ada penambahan objek atau terjadi perputaran 90° atau malah terjadi pengurangan objek.

Hasil perubahan antara gambar A dan B di padukan dengan gambar C, maka kamu akan menemukan jawaban D.

Tes ini semacam puzel kita harus mengubah dan menggabungkan untuk menemukan jawabannya.

Apabila kamu belum mengerti kamu bisa berlangganan web ini untuk update berikutnya.

Nah, itulah kisi-kisi psikotes untuk di PT Yamaha Music Manufacturing Asia/Indonesia (YMMA / YMMI), semoga postingan ini bisa bermanfaat buat kamu.

0 Comments