Mudah, Cara Menggunakan Aplikasi KineMaster Untuk Mengedit Video

Mudah, Cara Menggunakan Aplikasi KineMaster Untuk Mengedit Video

Menghasilkan sebuah karya edit video yang profesional kini bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Dengan menggunakan aplikasi kinemaster kamu bisa mengedit video kamu sekeren mungkin gaes.


Aplikasi kinemaster merupakan sebuah software atau tools untuk mengedit video dengan segudang fitur yang keren dan lengkap didalamnya.

Beberapa fitur didalamnya yang bisa kamu gunakan adalah cut atau memotong video, menggabungkan gambar dengan video, menambah bermacam-macam efek dalam video, dan masih banyak lagi fitur menarik yang bisa kamu gunakan.

Untuk kamu yang kurang memiliki skill atau tidak memiliki skill sama sekali dalam mengedit video, kamu tidak usah mengkhawatirkannya karena aplikasi kinemaster hadir dengan antar muka yang sederhana sehingga mudah untuk kamu pahami.
Informasi Tambahan:
Aplikasi Kinemaster memiliki 2 versi yaitu berbayar dan free ( gratis )
Pada kesempatan kali ini sukasukapedia.com akan memberikan sebuah tutorial tentang cara mengedit video dengan menggunakan kinemaster agar hasil video yang kamu edit menjadi berkualitas.

Cara Edit Video Menggunakan Aplikasi Kinemaster

Aplikasi kinemaster sebetulnya sangat mudah digunakan dalam proses editing video. Namun, mungkin beberapa orang diantara kamu ada yang belum terlalu paham dalam menggunakannya.

Baiklah tidak perlu berbahasa basi panjang lebar, kita simak yuk tutorialnya di bawah ini

1. Persiapkan Konsep dan Bahan

Menurut saya ini merupakan langkah yanh sangat krusial. Apalagi jika kamu mengedit video untuk tujuan profesional seperti promotional dan sebagainya.

Ada banyak sekali yang harus kamu perhitungkan dalam membuat video yang menarik dan keren, misalnya saja plot atau cerita yang mengandung pesan tertentu di dalamnya dan harus bisa tersampaikan.

Ketika kamu sudah memiliki konsep yang matang dan sudah memiliki video untuk digabungkan, kamu sudah siap untuk terjun menggunakan aplikasi kinemaster ini.

Tetapi apabila kamu membuat video hanya bertujuan untuk hiburan saja, maka kamu bisa mengambil beberapa video baik merekam sendiri ataupun mengambil di internet tanpa harus memikirkan konsepnya. Apabila sudah dirasa lengkap, silahkan lanjutkan ke tahap berikutnya di bawah ini.

2. Download dan Instal Aplikasi Kinemaster

Untuk kamu pengguna hp android, kamu bisa mendownload aplikasi kinemaster di playstore.

Sementara untuk kamu yang menggunakan iOS, kamu bisa mencari dan mendownloadnya langsung pada apple app store. Begitu aplikasi sudah terinstall selanjutnya buka dan jalankan aplikasinya.

3. Buat Project dan Pilih Aspek Rasio


Untuk berikutnya, buat proyek baru lalu pilih aspek rasio yakni 16:9 9:16 dan 1:1. Pada umumnya, kebanyakan creator video menggunakan rasio 16:9 untuk di upload ke platform seperti youtube, adsbreak atau fb ads dan sebagainya.

Sedangkan untuk di upload ke story whatsapp maka kamu pilih rasio 9:16, dan untuk story instagram kamu bisa membuatnya dengan rasio 1:1.

4. Pilih Video Yang Ingin Diedit

Nah di langkah ini sudah saatnya kamu untuk memilih gambar, video, dan musik yang ingin kamu edit dan gabungkan. Saya menyarankan agar kamu menyimpan bahan pada satu tempat, ini berfungsi agar kamu lebih mudah menemukannya.


Pada bagian media browser, folder-folder yang berisikan video dan gambar akan muncul semua. Kamu hanya tinggal memilih folder yang berisikan video atau foto yang ingin kamu edit dan gabungkan.


Apabila kamu ingin memasukkan latar belakang sebagai intro, kamu pilih folder " Background " ( lihat kotak nomor 1 ) pilihlah salah satu latar belakang yang kamu sukai.

Setelah kamu memilih bahan berupa gambar atau video tersebut maka akan masuk ke lembaran proyek baru. Kamu bisa mengulangi proses ini untuk menambahkan media-media lainnya.

5. Tambahkan Layer Berupa Teks, Efek, dan Yang Lainnya

Tentu saja selain menambahkan efek layer dan yang lainnya kamu juga bisa menambahkan blur teks, tulisan tangan, lagu, dan juga stiker.

Kamu hanya tinggal klik layer dan fitur-fiturnya akan muncul dengan sendirinya. Layer-layer tersebut bisa kamu kostumisasi dan di sesuaikam dengan keinginan kamu.

a. Menambahkan Teks


Tap pada menu text lalu tambahkan tulisan yang ingin kamu tambahkan. Setelah itu tinggal pilih Ok untuk memasukkan tulisan pada lembar proyek.

Disini kamu bisa mengubah jenis font agar sesuai dengan musik yang kamu tambahkan. Tidak hanya sebatas itu saja, tulisanpun bisa kamu tambahkan efek bergerak agar terlihat lebih keren. Format - format yang lainnya juga turut hadir seperti alignment, underline, opacity dan lain sebagainya.

Nah, untuk membuat efek animasi masuk dan keluar, kamu bisa pilih In animation untuk animasi masuk dan out animation untuk animasi keluar. Kemudian pilih salah satu animasi dan atur juga durasi animasi tersebut.

Jangan lupa, kamu juga bisa menambahkan kustomisasi lainnya seperti blending, opacity, menambahkan warna background dan sebagainya. Tinggal kamu sesuaikan saja sesuai dengan selera kamu.

b. Menambahkan Handwriting

Kamu bisa menambahkan guratan garis secara bebas seperti halnya tanda tangan atau yang lainnya. Fitur ini sangat berguna saat kamu ingin membuat video tutorial, kamupun bisa membuat opacity, warna, animasi masuk dan animasi keluar.

Pilih menu layer, tap pada menu handwriting dan pilihlah simbol yang mirip dengan pensil alis berwarna merah.

Disini kamu bisa menambahkan bentuk dan ukuran goresan yang kamu inginkan. Setelah kamu memilih bentuk dan ukuran goresan maka, buatlah goresan pada bagian yang ingin di highlight. Jangan lupa untuk tap tanda ceklis apabila sudah selesai.

c. Menambahkan Efek

Secara normal aplikasi ini hanya menampilkan efek blur saja, kamu bisa mendapatkan efek yang lebih banyak lagi dengan cara tap pada tulisan get more dan membeli efek premium atau berbayar.

Tap pada menu layer lalu pilih effect

Terdapat dua pilihan yang tersedia disana yaitu Gaussian Blue dan Mosaic. Pilih salah satu yang kamu inginkan, kemudian tap ceklis untuk menentukan pilihan.

Pada tahap ini kamu perlu menentukan daerah mana saja yang akan di berikan efek blur. Untuk selanjutnya tinggal kamu drag saja bagian sudut kanan bawah untuk mengecilkan atau membesarkannya. Untuk membuat rotasi maka drag pada sudut kanan atas, lalu pilih tanda ceklis untuk menentukannya.

d. Menambahkan Overlay

Sama seperti efek, pada fitur overlaypun terbatas. Hanya tersedia fitur emoticon saja yang bisa kamu tambahkan dan beberapa stiker menarik yang bisa kamu gunakan. Stiker yang dipilih bisa di kustomisasi atau di sesuaikan dengan selera kamu.

Seperti biasa kamu tap fitur layer dan pilih overlay

Maka akan muncul beberapa pilihan yang bisa kamu tambahkan. Tentukan stiker pilihan kamu dan tekan simbol ceklis di kanan atas untuk konfirmasi pilihan kamu.

Sama hal nya seperti pada menu Effect, kini kamupun bisa melakukan kostumisasi dari segi opacity dan sebagainya. Kamu bisa memindahkan dan mengecilkan stiker pada lokasi tertentu yang kamu inginkan. Klik ceklis apabila sudah ditentukan.

e. Menambahkan Audio (Soundtrack)


Selain fitur-fitur tambahan yang bisa kamu gunakan dalam menu layer, kamupun bisa menambahkan backsound atau soundtrack lagu dengan memilih fitur audio.

Kamu bisa menambahkan lagu yang ada di dalam kartu memori kamu. Tap sekali pada lagu yang ingin kamu pilih untuk memutarnya, lalu tap simbol plus (+) untuk memasukannya pada video yang sedang kamu edit.

Apabila kamu ingin menambahkan rekaman suara kamu, kamu bisa memilih fitur voice pada deretan menu, kemudian tap tombol start. Disinilah kamu saat nya untuk merekam da memasukkan suara kamu ke dalam video yang sedang kamu edit menggunakan aplikasi kinemaster. Pilih stop apabila kamu ingin menyelesaikan perekaman suara kamu. Untuk memberikan kesan yang lucu dan menarik kamu bisa menggunakan fitur voice changer pada menu yang muncul.

6. Ambil dan Tambahkan Foto atau Video

Pada langkah-langkah yang sudah sukasukapedia.com jelaskan diatas, sukasukapedia sudah menyarankan untuk mempersiapkan file media yang ingin kamu edit.

Tapi apabila kamu lebih senang improvisasi maka kamu bisa menambahkannya secara dadakan tanpa harus mempersiapkannya terlebih dahulu dengan cara memotret atau merekamnya secara langsung.

Tinggal kamu pilih saja fitur shutter kamera yang terletak di tengah diantara fitur-fitur yang lainnya.

Lalu akan muncul dua buah menu yaitu menu camera untuk mengambil foto dan menu Camcoder untuk merekam video.

7. Tambahkan Efek Transisi Video

Kalau kamu merasa sudah puas dalam menambahkan berbagai media, kamupun bisa memperindahnya dengan menambahkan efek transisi.

Cara menambahkan efek transisi pada video yang kamu edit sangatlah mudah, carilah simbol plus (+) pada sela-sela media di lembar proyek.

Ada banyak efek transisi yang bisa kamu pilih dan kamu gunakan untuk memperindah video yang kamu edit. Beberapa diantaranya seperti efek transisi yang bertema travel, transisi teks, asuransi dan sebagainya. Tap salah satu transisi jika kamu ingin menambahkannya.

8. Gunakan Fitur Trim dan Split

Fitur trim dan split untuk mengatur durasi video kamu, mau di percepat atau di perlambat? Sesuaikan saja dengan selera kamu. Fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk memindahkan urutan video yang kamu edit pada aplikasi kinemaster.

Cara menggunakan fitur yang satu inipun sangatlah mudah, kamu hanya tinggal tap di bagian video yang ingin di kostumisasi. Media tersebut akan memiliki outline berwarna kuning pada lembar proyek. Kemudian kamu pilih menu trim atau split.

Selanjutnya akan ada 3 menu yang bisa kamu pilih yaitu, trim to left of playhead, trim to right of playhead, dan split at playhead.
Perlu kamu ketahui juga, istilah playhead mengacu pada garis merah vertikal pada lembar proyek. Menu playhead ini menunjukkan posisi kamu saat ini pada linimasa durasi video.
Misalnya saja apabila kamu ingin memotong durasi handwriting diatas maka, pilihlah menu Trim To Right Of Playhead.

Maka kamu akan melihat bahwa kini durasi video yang kamu trim akan memiliki durasi yang lebih pendek. Untuk menggeserkan durasi ke sebelah kiri kamu bisa menggunakan menu trim to left of playhead. Dan jika kamu ingin membagi video menjadi dua bagian, kamu bisa menggunakan fitur split at playhead.

9. Export dan Share Video hasil Mengedit


Apabila kamu sudah selesai mengedit video kamu, selanjutnya adalah proses finishing up dengan mengekspor dan membagikan video tersebut ke berbagai situs media sosial, baik facebook, instagram, youtube, twitter, dan sebagainya.

Nah gaes itulah cara mengedit video menggunakan aplikasi kinemaster, mudah bukan? Tentunya dong. Apabila kamu memiliki pertanyaan terkait artikel ini bisa kamu tanyakan langsung pada admin sukasukapedia dengan cara mengomentari postingan ini pada kolom komentar di bawah ini.