-->

Cara mudah mematikan hp baterai tanam saat hang

- 14:40
Cara mudah mematikan hp baterai tanam saat hang - Model hp pada jaman sekarang sudah sangat berbeda jauh dengan model hp pada jaman dahulu. Tidak hanya pada fitur, spesifikasi, ataupun kemampuannya saja, jenis baterai yang di pakai juga sudah berbeda.

Saat ini sudah banyak sekali hp yang menggunakan baterai tanam atau biasa disebut dengan istilah smartphone unibody, jenis baterai yang satu ini tidak bisa dicabut dengan sembarangan. Lain halnya dengan hp jaman dahulu yang masih menggunakan jenis baterai removable yang bisa dicabut kapan saja.

cara-mematikan-hp-baterai-tanam-saat hang

Agar bisa membuka dan melepaskan baterai tanam, biasanya kita memerlukan clip dan obeng untuk membuka casing serta fleksibel atau soket yang terdapat pada baterai. Berbeda dengan hp jaman dahulu yang bisa kita lepaskan dengan mudah setelah kita membuka casing belakangnya.

Kenapa disebut dengan baterai tanam?

Karena jenis baterai yang satu ini tertanam dan menyatu pada mesin dengan menggunakan perantara kabel fleksibel. Apabila kabel fleksibel tersebut terputus, maka smartphone kita tidak akan bisa menyala atau mati.

Akan tetapi jenis baterai ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis baterai removable. Salah satu kelebihannya adalah smartphone yang kita miliki menjadi tahan air karena casing bisa dibuat lebih rapat untuk melindungi baterai terkena air.

Namun tentu saja, dibalik kelebihan pasti ada kekurangannya juga. Salah satu kekurangannya adalah ketika kemampuan baterai tanam sudah berkurang atau biasa disebut dengan "ngedrop", maka pengguna smartphone akan sedikit kesulitan untuk menggantinya.

Selain itu, ada juga masalah sepele namun harus di perhatikan oleh para pengguna smartphone dengan jenis baterai tanam.

Masalah tersebut akan muncul apabila hp kita mengalami hang atau stuck, maka kita akan merasa kesulitan untuk mematikan hp tersebut karena kita menggunakan smartphone yang menggunakan baterai tanam.

Namun pada kesempatan kali ini sukasukapedia akan memberikan solusinya agar kita bisa mematikan hp yang hang tanpa harus mencabut dahulu baterainya. Simak ulasannya dibawah ini!

Cara mudah mematikan hp baterai tanam saat hang

Cara ini bisa diterapkan untuk semua jenis smartphone, baik itu Samsung, OPPO, Vivo, Lenovo, Xiaomi, Realmi, Experia, huawei dan sebagainya. Tanpa harus basa basi yang cukup panjang untuk cara mudah mematikan hp dengan baterai tanam, simak ulasan dan penjelasannya dibawah ini.

1. Restart dengan menggunakan tombol power

Kebanyakan orang masih belum tahu tentang bagaimana cara mematikan hp baterai tanam saat sedang hang. Mungkin beberapa diantaranya ada yang panik dan langsung membawa smartphone mereka ke tukang servis hp.

Hp yang menggunakan baterai tanam memang sulit untuk dimatikan dalam keadaan hang. Namun tahukah kamu kita juga bisa mematikan hp tersebut dengan secara paksa, yaitu dengan menekan tombol Power secara terus menerus sampai hp tersebut mati.

Hal ini sebelumnya sudah di pertimbangkan oleh para perusahaan pembuat hp dengan berbagai macam solusi apabila ada kendala disaat pemakaian. Beberapa caranya seperti dibawah ini:

Cara mematikan hp baterai tanam dengan tombol power dan tombol yang lainnya

tekan-tombol-power-untuk-matikan-hp-baterai-tanam-saat-hang

  1. Ketika hp sedang hang, tekan tombol power selama kurang lebih 10-30 detik.
  2. Apabila berhasil, maka hp secara otomatis akan mati dengan sendirinya.
  3. Setelah hp berhasil mati, selanjutnya hidupkan kembali dengan menekan tombol power.
  4. Done, hp akan normal kembali
Apabila cara diatas belum berhasil, kita bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mematikan hp yang sedang hang secara paksa.
  1. Tekan tombol power dan volume Up (+) secara bersamaan.
  2. Tekan tombol Power dan volume down (-) secara bersamaan.
  3. Tekan tombol Power + volume up + volume down secara bersamaan
  4. Tekan tombol Power dan home secara bersamaan.
  5. Tekan tombol Power + home + volume up + volume down secara bersamaan selama beberapa detik.
Cara diatas bisa di coba satu persatu secara bergantian.

2. Tunggu sampai baterai hp habis

tunggu-baterai-habis-saat-hp-baterai-tanam-sedang-hang

Apabila cara diatas masih terbilang ribet, kita bisa menggunakan cara berikutnya yaitu dengan cara menunggu sampai baterai habis atau 0%.

Ketika baterai sudah habis, maka hp akan secara otomatis mati sendiri walaupun dalam keadaan hang. Ketika hp sudah mati, saya sarankan untuk mencharger atau mengecas hp tersebut tetap dalam keadaan mati. Hal ini akan memperkuat daya baterai saat dihidupkan kembali dan tidak akan menyebabkan hp hang lagi.

Namun dalam prakteknya, kita harus ekstra sabar dan tenang, apalagi jika kapasitas baterai masih diatas 50% maka kita harus menunggunya sampai baterai benar-benar habis dan hp mati sendiri.

Jika dalam kondisi hang tetapi tombol tap kebawah masih bisa digunakan, aktifkan fitur data seluler, GPS, bluetooth dan wifi, agar baterai bisa habis dengan cepat.

3. Melihat petunjuk pada buku panduan hp

membaca-buku-panduan-untuk-mengatasi-hp-baterai-tanam-saat-hang

Ketika kita membeli smartphone baru, biasanya didalam box hp tersebut terdapat buku panduan mengenai fitur, fungsi dan cara menggunakan smartphone tersebut.

Kita bisa mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan membaca buku panduannya. Namun kita mau untuk membaca buku panduan tentang hp? Namun saya pribadi lebih suka langsung mengoprek hp tersebut dibandingkan dengan membaca buku panduan tersebut.

Didalam buku panduan hp sudah dijelaskan secara spesifik tentang bagaimana cara menggunakan hp tersebut dengan baik dan benar.

4. Mematikan hp dengan cara melepas baterai tanam

mencabut-baterai-tanam-saat-hp-sedang-hang

Apabila dengan semua cara diatas kita belum menemukan solusi, maka dengan langkah terakhir yang satu ini sudah dipastikan hp kita bisa kembali normal lagi dan tidak hang yaitu dengan cara mencabut baterai tanam tersebut.

Cara ini terbilang sangat ekstrim dan harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab apabila saat mencabut baterai tanam dan kita memutuskan kabel fleksibel nya, itu bisa menambah masalah yang ada dengan masalah yang baru.

Disini saya lebih menyarankan untuk membawanya ke konter apabila ketiga cara diatas tidak memecahkan masalah. Karena mencabut baterai tanam harus dilakukan oleh seorang teknisi yang sudah tahu pasti bagaimana cara mencabutnya.

Penutup

Nah itulah beberapa cara sederhana untuk mematikan hp dengan baterai tanam saat sedang hang, semoga ulasan dan penjelasan diatas bisa membantu dan bermanfaat buat kita semua.
 

Start typing and press Enter to search