Cara Buka Akun Facebook Lama yang Lupa Kata Sandi Melalui Hp

cara buka akun facebook lama

Pada kesempatan kali ini sukasukapedia akan memberikan tutorial yang sangat menarik tentang cara membuka akun Facebook lama dan memulihkannya. Sebenarnya tutorial ini merupakan update terbaru dari artikel sebelumnya yang sudah lama kami share.

Sehubungan adanya request dari visitor setia kami kalau tutorial tentang cara buka akun Facebook lama yang pernah kami publish sebelumnya sudah tidak worth it lagi, dengan senang hati kami segera memperbaharuinya dengan kemasan yang lebih sederhana lagi agar kamu mudah memahaminya.

Saking lamanya kita tidak membuka akun Facebook, pasti diantara kalian ada yang sampai melupakan email dan kata sandi akun Fb tersebut. Sebenarnya, kita bisa meminta perubahan kata sandi akun Fb melalui alamat email atau SMS kalau kita sebelumnya pernah mencantumkan Gmail dan nomor Hp yang masih aktif pada akun Facebook lama kita.

Apabila kita memang sudah tidak bisa lagi mengaksesnya melalui gmail atau nomor telepon yang sebelumnya sudah di hubungkan dengan akun Facebook lama yang ingin kita pulihkan, kita juga bisa melakukan pemulihan akun melalui foto kartu identitas seperti KTP atau SIM.

Cara Buka Akun Facebook Lama Melalui Hp

Sebelum membahas ke poin inti untuk membuka dan memulihkan akun Facebook lama kita, disini kami menggunakan Fblite sebagai bahan ilustrasi gambarnya.

Adapun beberapa persiapan yang dibutuhkan sebelum kita membuka akun Fb lama tersebut, yaitu foto kartu identitas dan akun gmail baru yang tidak terhubung dengan akun Facebook yang manapun, jadi benar-benar baru ya.

Cara Buka Akun Facebook Lama Menggunakan Gmail atau Nomor Telepon

cara buka akun facebook lama dengan gmail

  1. Buka aplikasi Facebook atau kunjungi link https://www.facebook.com melalui browser yang ada di hp. Kita bisa menggunakan browser apa pun yang ada pada smartphone baik android maupun iOS untuk mengakses situs resmi utama Facebook.
  2. Jika kita masuk ke akun yang berbeda, klik menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar dan klik Log Out.
  3. Klik Cari Akun Anda. Menu ini berada di bawah menu Login ke Akun Lain pada aplikasi Facebook Lite.
  4. Setelah kita masuk ke menu Cari Akun Anda, selanjutnya masukkan nama akun Facebook lama kita atau alamat Gmail dan bisa juga menggunakan nomor telepon pada menu Email atau Nomor Telepon, untuk mencari dan membuka akun fb lama kita. Setelah itu, daftar akun yang cocok dengan hasil pencarian akan ditampilkan.
  5. Setelah kita menemukan akun Facebook lama kita, berikutnya kita tentukan metode untuk pengaturan ulang kata sandi dan klik Lanjutkan. Kita bisa mengatur ulang kata sandi melalui alamat Gmail atau SMS ke nomor telepon kita yang masih aktif.
  6. Jika tidak bisa mengakses akun Gmail atau nomor telepon yang terhubung dengan akun Facebook lama yang ingin dipulihkan, coba pulihkan akun menggunakan foto kartu identitas.
  7. Periksa notifikasi Gmail atau SMS. Facebook akan mengirimkan enam digit kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengatur ulang kata sandi ke akun Gmail atau nomor telepon yang sebelumnya sudah terhubung dengan akun Fb lama kita.
  8. Masukkan enam digit kode tersebut ke kolom yang tersedia, dan klik Lanjutkan. Enam digit kode pemulihan ini akan dikirimkan Tim Facebook ke akun Gmail atau nomor telepon kita melalui SMS.
  9. Apabila kode pemulihan akun Facebook kita sudah berhasil dimasukkan, buat kata sandi baru yang mudah di ingat dan klik Lanjutkan. Kata sandi baru harus memiliki panjang minimal enam digit kombinasi dari huruf, angka dan karakter agar lebih aman. Setelah itu, kita akan masuk ke akun Facebook lama yang baru saja di pulihkan.

Cara Buka Akun Facebook Lama Menggunakan Foto Tanda Pengenal (identitas)

cara buka akun facebook lama dengan identitas

  1. Buka aplikasi Facebook atau kunjungi https://www.facebook.com melalui browser yang ada di hp android, iOS atau PC kita.
  2. Jika kita masuk ke akun yang berbeda, klik menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar dan klik Log Out.
  3. Klik menu Lupa akun?. Menu ini berada di bawah kolom teks yang biasanya digunakan untuk memasukkan kata sandi akun, tepatnya berada di pojok kanan atas layar.
  4. Masukkan Nama Akun atau Gmail/Nomor telepon dan klik menu Cari untuk mencari akun Facebook Lama kita yang ingin di pulihkan. Setelah itu, daftar akun yang cocok dengan hasil pencarian kita akan segera ditampilkan.
  5. Klik Cari Akun Anda. Menu ini berada di bawah menu Login ke Akun Lain pada aplikasi FbLite.
  6. Setelah kita masuk ke menu Cari Akun Anda, selanjutnya masukkan nama akun Facebook lama kita atau alamat Gmail dan bisa juga menggunakan nomor telepon pada menu Email atau Nomor Telepon, untuk mencari dan membuka akun fb lama kita. Setelah itu, daftar akun yang cocok dengan hasil pencarian akan ditampilkan.
  7. Selanjutnya, klik menu Tidak bisa lagi mengakses ini?. Maka Facebook akan memberikan pilihan untuk mengatur ulang kata sandi melalui notifikasi gmail atau SMS. Namun, apabila kita tidak bisa lagi mengakses akun Gmail atau nomor telepon yang sebelumnya sudah terhubung dengan akun, berikutnya klik menu Tidak bisa lagi mengakses ini?. Biasanya menu ini berada tepat di samping kiri tombol Lanjutkan yang berwarna biru.
  8. Klik Saya tidak bisa mengakses akun email. Menu berwarna biru in berada tepat di bawah informasi yang menjelaskan tentang cara memulihkan akun Gmail.
  9. Masukkan akun Gmail baru yang aktif dan klik Lanjutkan. Kita perlu memasukan alamat Gmail yang aktif saat ini pada kedua kolom untuk mengkonfirmasi alamat. Perlu kita ingat juga bahwa alamat ini tidak boleh terhubung dengan akun Facebook yang lainnya. Kita bisa membuat alamat Gmail baru secara gratis melalui layanan seperti Gmail, Yahoo, atau Hotmail.
  10. Masukkan nama lengkap yang terhubung dengan akun kolom Nama Lengkap untuk memasukkan nama lengkap kita yang terhubung dengan akun Facebook lama yang ingin dipulihkan.
  11. Nama lengkap harus sama dengan identitas seperti KTP atau SIM. Hal ini bertujuan agar terhindar dari checkpoint yang bisa menyebabkan akun Fb terkunci.
  12. Upload foto identitas kita seperti KTP atau SIM dengan klik menu Pilih Berkas. Jika kita belum memiliki foto tersebut di Hp atau PC kita, lakukan pemindaian tanda pengenal menggunakan alat pemindai, atau dengan mengambil fotonya terlebih dahulu menggunakan kamera ponsel dan kirimkan foto tersebut ke komputer melalui Gmail. Foto tanda pengenal yang dikirimkan ke Facebook harus terlihat jelas terutama pada nama lengkap, tanggal lahir, dan foto identitas kita.
  13. Pilih foto tanda pengenal dan klik menu Open. Foto akan segera diunggah ke Facebook.
  14. Klik Kirim. Informasi akan segera dikirimkan ke Tim Facebook, beserta foto identitas kita yang sudah diunggah. Setelah terkirim,Tim Facebook akan melakukan verifikasi akun. Kita akan menerima notifikasi melalui Gmail yang aktif yang sudah kita hubungkan dengan akun dan tim Facebook akan meminta informasi tambahan.
  15. Periksa Gmail yang masuk. Setelah pihak Facebook bisa melakukan verifikasi foto identitas kita, mereka akan mengirimkan Gmail yang berisi link atau URL untuk pemulihan ke alamat Gmail yang sudah dihubungkan ke akun lama kita.
  16. Klik link atau URL pemulihan pada Gmail. Setelah menerima pesan dari Facebook dengan tautan pemulihan, klik Link tersebut. link akan kadaluwarsa setelah 7 hari.
  17. Masukkan kata sandi baru dan klik Lanjutkan. Kata sandi baru harus memiliki panjang minimal 6 digit. Ada baiknya juga kalau kita membuat kata sandi yang memuat huruf, angka, dan karakter khusus. Setelah itu, kita akan bisa masuk ke akun Facebook lama.
Nah, itulah beberapa cara membuka akun Facebook lama yang bisa kami sampaikan dikesempatan kali ini, apabila ada kendala atau ada yang belum kalian mengerti, kalian bisa mengajukan pertanyaan di Fanspage kami sukasukapedia.com.