Cara Mematikan dan Menghidupkan Hp Oppo Tanpa Tombol Power Dijamin Berhasil

menghidupkan-dan-mematikan-hp-oppo-tanpa-tombol-power-2

Hp Oppo sudah menjadi salah satu brand smartphone Android ternama dan kekinian yang paling banyak digunakan di Indonesia. Namun, masih banyak para pengguna smartphone tersebut yang belum mengetahui secara pasti untuk pemanfaatan setiap fitur yang ada pada semua tipe smartphone Oppo. Misalnya saja cara mematikan Hp Oppo tanpa harus menggunakan tombol power.

Informasi yang sukasukapedia bagikan kali ini sangat penting, karena bisa kita jadikan sebagai alternatif apabila suatu saat tombol power Hp mengalami kerusakan. Sebenarnya, tidak hanya dengan menggunakan tombol power saja kita bisa melakukan restart, reboot atau menghidupkan dan mematikan HP Oppo dengan mudah. Ada cara lain yang memungkinkan kita tidak perlu pergi ke tukang service yang menurut saya terlalu mahal apabila terjadi kerusakan pada tombol power yang tidak berfungsi. Bagaimana caranya?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit tips dan trik yang bisa kita gunakan untuk mengatasi permasalahan apabila tombol power hp Oppo rusak. Tanpa harus melakukan root, kita bisa menyelesaikan nya dengan mudah. Karena dari pihak Oppo sendiri, sebenarnya sudah merancangnya sedemikian rupa agar bisa memudahkan para customernya.

Cara Mudah Mematikan dan Menghidupkan HP Oppo Tanpa Tombol Power Untuk Semua Tipe

menghidupkan-dan-mematikan-hp-oppo-tanpa-tombol-power-1

Tutorial ini kami tulis berdasarkan permintaan dari salah satu pengguna Hp Oppo yang sedang kebingungan mencari cara menghidupkan dan mematikan hp tanpa tombol power. Selengkapnya silahkan simak informasinya di bawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi Power Button to Volume Button

menghidupkan-dan-mematikan-hp-oppo-menggunakan-aplikasi-power-button-to-volume-button-2

Jika Kondisi layar Hp kita sekarang ini sedang hidup, cobalah untuk menggunakan aplikasi yang yang bernama “Power Button to Volume Button”. Kita bisa mencoba menginstalnya terlebih dahulu di smartphone kita. Kemudian, lakukan langkah langkahnya berikut ini:
  1. Masuk dan cari “Power Button to volume Button” di Google Play store, apabila sudah menemukan aplikasi dengan simbol tombol power tersebut, silahkan unduh dan instal terlebih dahulu.
  2. Setelah selesai menginstal aplikasinya, lalu buka aplikasi dan jalankan. Setelah itu, aktifkan opsi “Enable atau Disable Volume Power” sampai terlihat ikon menyala.
  3. Pada bagian bawah, jangan lupa untuk mengaktifkan opsi “Boot” dan “Screen Off”. Hal ini bertujuan agara sepenuhnya tombol volume bisa digunakan sebagai pengganti fungsi tombol power hp Oppo yang rusak.
  4. Apabila semua telah aktif, restart Hp untuk mulai melihat cara penggunaannya.
  5. Selesai, sekarang kita sudah bisa mematikan atau menghidupkan Hp Oppo yang tombol powernya sudah tidak berfungsi lagi.
  6. Selanjutnya, kita bisa menyalakan HP dengan menggunakan tombol volume up/down. Sedangkan untuk mematikan layarnya, kita bisa mulai dengan cara membuka “Notification bar” lalu tekan opsi “Turn Off Screen”.

2. Mengaktifkan Fitur Double Tap to Wake

menghidupkan-dan-mematikan-hp-oppo-menggunakan-double-tap-to-wake-2

Selain menggunakan cara diatas, kita juga bisa mencoba untuk menggunakan fitur bawaan dari Hp Oppo yang dinamakan “Double Tap to Wake”, fitur ini biasanya hanya ada di Smartphone atau Android versi terbaru saja. Pada cara ini kita hanya cukup mengetuk layar sebanyak dua kali, maka hp yang dalam keadaan mati bisa menyala dan membuka layar kunci.

Hanya saja, Hp dengan versi lama belum memiliki fitur canggih yang satu ini. Tapi tenang saja, apabila kita tidak memiliki smartphone dengan versi terbaru, kita juga bisa menggunakannya dengan mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store.

Apabila kita ingin mencobanya kita bisa memulai dengan memasang aplikasi “Double Tap Screen on and Off” untuk mematikan Hp Oppo, kita bisa menggunakan tutorial dibawah ini:
  1. Unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi “Double Tap Screen on and Off” yang ada di Google Play Store atau apps store lainnya.
  2. Setelah kita selesai menginstalnya, buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya, kita aktifkan opsi “Double tap to screen On”. Apabila muncul kotak yang berisi peringatan, kita cukup klik tombol “OK” saja.
  4. Nah pada tahap ini, apabila kita ingin mematikan layar, kita bisa langsung mengetuk aplikasi bawaan dari Android dengan nama “Screen Off” yang sebelumnya sudah kita aktifkan untuk perizinan Device Administratornya.
Metode ini hanya ada di beberapa tipe Android dan Smartphone saja. Jika kita sudah mencoba untuk menggunakan aplikasi Double Tap Screen On and Off tapi tidak berhasil, lebih baik kita menggunakan metode yang sebelumnya saja.

3. Mematikan Hp Oppo Menggunakan fitur pengatur waktu tugas

Fitur pengatur waktu tugas, pada umumnya sudah tersedia di semua jenis HP Android dan Smartphone. Kita bisa memastikannya terlebih dahulu, apakah terdapat fitur ini di Handphone milik kita atau tidak.

Untuk cara mematikan Hp Oppo menggunakan fitur pengatur waktu tugas, bisa kita simak tutorialnya dibawah ini:
  1. Langkah Pertama, buka menu “Pengaturan” di Hp kita.
  2. Selanjutnya pada menu Pengaturan, cari dan pilih opsi “Pengaturan lainnya”.
  3. Pada tahap ini, cari opsi “Pengatur waktu tugas” yang biasanya berada dibawah opsi tanggal dan waktu.
  4. Setelah kita menemukannya, pilih dan lihat pilihan yang ada di dalamnya.
  5. Tahap berikutnya, atur jam atau hari kemudian geser poin yang tersedia di sebelah kanan untuk mematikan atau menghidupkan HP Oppo.
  6. Setelah aktif, HP kita akan menjalankan tugas sesuai waktu yang sudah kita tentukan.
Umumnya cara yang satu ini memiliki langkah-langkah yang berbeda di setiap Handphone. Maka, untuk itu pertama tama kita harus menyesuaikan caranya terlebih dahulu dengan tipe HP yang kita gunakan.

4. Memanfaatkan fitur sensor Biometrik

menghidupkan-dan-mematikan-hp-oppo-menggunakan-sensor-biometrik-2

Smartphone Android versi terbaru termasuk salah satunya adalah Hp Oppo, sebenarnya sudah tersedia dan bisa menggunakan yang namanya sensor biometrik. Salah satu yang paling terkenal adalah sensor fingerprint atau yang sering disebut dengan sidik jari. Fitur biometrik yang lainnya adaah face unlock sampai dengan irish scanner.

Nah, untuk menghidupkan dan mematikan Smartphone Android yang khususnya Hp Oppo tanpa menggunakan tombol power, kita bisa mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini:
  1. Pertama, pergi ke menu “Pengaturan” atau “Setting” pada Android atau Smartphone yang kita miliki.
  2. Selanjutnya, pilih “Lock screen & password”.
  3. Kedua, pilih lagi opsi “Add Fingerprint” yang tujuannya untuk menambahkan sidik jari baru.
  4. Pilih opsi “kunci layar”.
  5. Langkah berikutnya, kita bisa memilih menggunakan pin atau password dll. Cobalah untuk pilih PIN saja yang mudah.
  6. Kita bisa membuat PIN sesuai dengan keinginan, tapi pastikan juga agar mudah di ingat oleh kita.
  7. Selanjutnya, ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan prosedur dan petunjuk yang ada.
  8. Ikuti proses penambahan sidik jari sesuai dengan yang ditampilkan pada layar smartphone.
  9. Apabila kita sudah menambahkan sidik jari, maka kita juga bisa menambahkan sidik jari yang lainnya.
  10. Setelah tahapan ini selesai, kita bisa mencoba untuk mulai membuka kunci layar dengan mudah menggunakan fitur Fingerprint sensor.

5. Menggunakan bantuan benda lain

Pada tahap ini sebenarnya bisa digunakan apabila tombol power kita tidak benar-benar rusak. Kebanyakan orang memiliki masalah pada tombol power bukan hanya karena rusak saja. Ada juga yang disebabkan karena tombol power bagian luarnya terkelupas dan hilang. Apabila hal ini yang terjadi pada Hp kita, maka cobalah untuk menggunakan cara yang ada dibawah ini.

Kita bisa menggunakan benda lain untuk menekannya. Misalnya saja kita menggunakan peniti, jarum pentul, atau  bagian sudut dari kartu kredit yang selanjutnya bisa kita manfaatkan untuk menekan tombol power yang ada didalamnya. Cara ini bisa dikatakan sangat efektif apabila tombol power kita tidak mengalami kerusakan.

Informasi diatas adalah cara singkat dan sangat sederhana yang bisa kita lakukan untuk mematikan atau menghidupkan Hp Oppo tanpa menggunakan tombol power. Bagaimana? Praktis dan sangat mudah sekali bukan? Setiap perangkat memiliki kecanggihan dan beragam fitur yang berbeda-beda.

Sebenarnya cara menghidupkan dan mematikan Hp tanpa tombol power ini bisa kita lakukan di berbagai jenis Hp, seperti Samsung, Vivo, Xiaomi, Asus, dan sebagainya.

Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang kebingungan untuk menghidupkan atau mematikan hp nya karena tombol power yang rusak, jangan lupa ikuti terus perkembangan info terbaru dan tutorial menarik lainnya dari kami ya.

0 Comments