Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi iPhone Lupa Pasword

cara-mengatasi-iphone-lupa-pasword

Bagi sebagian orang yang sangat sibuk, lupa terhadap sesuatu merupakan hal yang sudah biasa dan lumrah terjadi untuk setiap harinya. Mulai dari melupakan kunci rumah, mobil, motor, dompet, jam tangan, smartphone, ATM atau kartu kredit, pasti pernah kita alami.

Pada umumnya ketika kita sedang melupakan sesuatu, awalnya tentu saja akan menimbulkan kepanikan, walaupun hal itu disebabkan karena keteledoran kita sendiri dalam menyimpan semua benda tersebut, dan seperti biasa pada akhirnya akan ketemu juga. ketika kita kehilangan benda yang bisa di pegang secara fisik, biasanya otak kita akan langsung merespon dan mampu menelusuri yang mungkin menjadi salah satu lokasi dimana kita kehilangan benda tersebut.

Lain halnya apabila kita lupa password iPhone milik kita. Hal ini mungkin bisa menjadi kepanikan yang nyata, apalagi kalau kita melupakannya pada saat penting dan kita akan menggunakan smartphone tersebut.

Atau mungkin, justru sekarang ini kamu sedang mengalami hal tersebut?

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menenangkan diri kita terlebih dahulu, dan mulai membaca dan memahami artikel ini dengan baik, karena sukasukapedia memiliki cara untuk mengatasi masalah mengenai iPhone yang lupa password.

Cara Mengatasi Password Iphone yang Lupa dengan Melakukan Reset iPhone

Sebagai catatan untuk kita, apabila akan melakukan cara ini, maka otomatis kita akan melakukan restore pada perangkat iPhone yang lupa paswordnya tersebut.

Hal ini memiliki arti kalau kita akan mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik atau factory reset. Dengan kata lain, setelah kita melakukan cara ini, maka perangkat iPhone akan menjadi perangkat baru seperti saat pertama kali kita membelinya. Bahasa kerennya adalah brand new in box!

Ada beberapa persiapan yang akan kita butuhkan sebelum melakukan reset iPhone ke pengaturan pabrik, yaitu:
  • iPhone yang terkunci karena lupa pasword
  • komputer
  • kabel penghubung iPhone dengan komputer
  • serta iTunes yang telah kita unduh dan di instalasi terlebih dahulu ke dalam komputer yang akan dipakai untuk melakukan Factory Reset.
Setidaknya, dengan memiliki semua perangkat yang dibutuhkan dan software di atas, maka kita bisa segera me-reset iPhone ke pengaturan pabrik.

Setelah kita mempersiapkan semua kebutuhan yang telah disebutkan diatas, kita bisa segera untuk memulai proses Factory Reset iPhone kita. Selengkapnya, simak dibawah ini:

  1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membiarkan komputer dan iPhone kita tidak dalam kondisi terhubung.
  2. Lalu, jalankan iTunes dari dalam komputer kita.
  3. Setelah iTunes berhasil dinyalakan, Anda bisa mematikan iPhone milik kita dengan cara menekan tombol home dan tombol power secara bersamaan selama beberapa saat.
  4. Setelah itu, sambungkan kabel penghubung dari komputer menuju iPhone kita, dan sembari menghubungkan komputer dengan iPhone, kita bisa kembali menekan tombol home selama beberapa saat sehingga iPhone kembali dalam keadaan menyala.
  5. Apabila kita sudah melakukan langkah ini dengan benar, seharusnya di komputer akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa sedang memasuki iTunes dengan iPhone yang berada dalam mode recovery.
  6. Kemudian, pilihlah tab summary di dalam iTunes yang muncul di komputer kita
  7. Selanjutnya, kita pilihan restore disana.
  8. Setelah proses selesai, iTunes akan bekerja dan kita akan mengembalikan ponsel iPhone ke awal atau pengaturan pabrik.
Seluruh files, pengaturan, aplikasi, serta password yang tersimpan di dalam iPhone kita akan secara otomatis terhapus. Jika kita merupakan orang yang terbiasa melakukan back up menggunakan cloudstore maka kita masih beruntung. Karena kita hanya tinggal mengembalikan semua file tersebut dari cloud menuju iPhone ‘baru’ kita.

Cara Mengatasi iPhone yang Lupa Password Menggunakan Fitur Find My iPhone

Lagi-lagi kami tetap harus memberikan peringatan kepada kamu, bahwa dengan menggunakan cara ini berarti kita sudah benar-benar siap untuk kehilangan semua file, aplikasi, dan sebagainya yang ada di dalam iPhone milik kita. Karena mengatasi lupa pasword iPhone menggunakan cara ini juga mengharuskan kita untuk menghapus semua isi iPhone untuk kembali ke dalam pengaturan awal seperti pada saat pertama kali kita membeli iPhone.

Cara ini bisa dilakukan jika kita sudah mengaktifkan fitur Find My iPhone pada iPhone milik kita. Apabila merasa pernah mengaktivasi fitur ini, maka tidak ada salahnya buat kita untuk mencoba cara yang satu ini.
  • Langkah pertama kita bisa menggunakan browser yang ada di dalam perangkat komputer kita.
  • Selanjutnya, kunjungi www.icloud.com/#find.
  • Lalu, kita akan diminta untuk melakukan log in dengan menggunakan Apple ID milik kita.
  • Setelah itu, kita akan masuk ke dalam tampilan pencarian iPhone kita seperti pada gambar dibawah ini.
    mengatasi-iphone-lupa-pasword

  • Kemudian, klik all devices untuk melihat seluruh perangkat yang telah terhubung sebelumnya dengan akun Apple ID milik kita. Dari sana carilah perangkat iPhone yang sesuai dengan iPhone kita yang terkunci.
  • Setelah itu, kita akan diberikan pilihan untuk membunyikan ponsel kita, untuk mengunci, serta untuk menghapus ponsel kita atau proses ini sering disebut dengan erase iPhone.
  • Terakhir, pilih menu erase iPhone.
Nah, bersamaan dengan penghapusan data yang telah kita lakukan, maka seluruh file termasuk password kita sudah bersih dan terhapus dari iPhone milik kita. Kemudian, kita bisa langsung mengakses dan menggunakan iPhone kita tanpa harus memasukan password nya.

Ketika Lupa Password Iphone, Apa yang Harus Dilakukan setelah Mereset iPhone ke Pengaturan Awal?

Sebenarnya, apapun yang ingin kita lakukan sekarang terhadap iPhone milik kita yang sudah benar-benar bersih dan kosong merupakan pilihan maupun tanggung jawab kita sepenuhnya. Kita bebas untuk melakukan apapun terhadap barang-barang yang kita miliki tentunya.

Namun demikian, kami memiliki tiga pilihan yang bisa kita ambil terhadap ponsel kita yang saat ini sudah kembali ke dalam kondisi seperti baru pertama kali beli.
  • Pilihan pertama tentu saja dengan melakukan pengaturan awal selayaknya ketika kita membeli ponsel iPhone dulu. Cara ini boleh kita pilih kalau memang kita merasa semua file kita sebelumnya telah di backup atau tidak penting sama sekali dan tidak perlu diunduh kembali. Cara ini juga bisa kita lakukan kalau memang ternyata kita tidak memiliki file cadangan atau back up yang bisa kita unduh kembali untuk iPhone ini.
  • Pilihan kedua adalah dengan melakukan restore file dan seluruh data dari backup yang pernah kita lakukan. Cara inilah yang paling kami rekomendasikan. Meski demikian, tentu saja cara ini hanya bisa dilakukan bagi kita yang sudah terbiasa melakukan backup isi iPhone kita secara rutin, baik ke dalam perangkat komputer milik kita, maupun ke dalam cloud storage.
  •  Terakhir adalah dengan melakukan pengunduhan seluruh aplikasi yang pernah kita install sebelumnya, baik secara manual ataupun dengan re-downloading. Cara ini mungkin bisa dilakukan, dan pasti berhasil. Namun demikian, cara ini tidak mampu untuk mengembalikan file seperti kontak dan sebagainya yang pada awalnya hanya tersimpan di dalam perangkat iPhone saja.
Untuk melakukan re-downloading caranya sangat simpel, kita cukup membutuhkan iTunes yang sudah terhubung dengan akun Apple milik kita. Di dalam sana kita bisa memilih menu quick links dan kemudian pilihlah purchased. Nah, di dalam sana juga kita bisa mengunduh kembali seluruh files yang dulunya pernah kita unduh dan install ke dalam iPhone milik kita, misalnya lagu MP3, atau acara-acara TV kita, sampai aplikasi dan audiobooks yang pernah kita install (beli).

Nah saran kami untuk kamu selanjutnya yaitu, jangan pernah lupa untuk selalu melakukan backup data iPhone secara rutin. Sebenarnya hal ini perlu kita lakukan bukan hanya sebatas untuk mengantisipasi ketika kita lupa password iPhone saja. Melainkan bisa dilakukan untuk pencegahan kita ketika kehilangan iPhone sewaktu-waktu.

Sehingga kita masih bisa melindungi file penting dan menghapusnya dari jarak jauh menggunakan fitur Find my iPhone tanpa harus khawatir kehilangan seluruh file kita.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai cara mengatasi lupa pasword iPhone dengan mudah. Semoga informasi yang kami sampaikan saat ini bisa membantu kamu.