Cara Mudah Screenshot Panjang di Hp Android

cara-screenshot-panjang-di-hp-android

Screenshot merupakan salah satu fitur yang penting dan sangat dibutuhkan oleh pengguna smartphone. Screenshot sangat berguna untuk menyimpan file foto berupa pesan atau laman web yang menurut kita menarik tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Jadi pada kesempatan kali ini sukasukapedia akan memberikan sedikit informasi tentang bagaimana cara mengambil screenshot panjang di semua Hp Android.

Sekarang, kita tidak perlu lagi merasa kerepotan saat ingin mengambil screenshot konten yang panjang (misalnya saja satu laman web) dengan berkali-kali agar bisa menyimpan fotonya, karena hanya dengan melakukan sekali screenshot saja, kita sudah bisa mengambil screenshot seluruh konten panjang tersebut.

Penasaran, bagaimana melakukannya? Simak tutorial cara mengambil screenshot panjang selengkapnya dibawah ini.

Cara Screenshot Panjang di Hp Android

Fitur screenshot selama ini hanya mampu mengambil tangkapan layar konten yang saat itu terlihat saja. Untuk bisa melakukan screenshot panjang di Hp Android, kamu perlu menggunakan dua aplikasi di bawah ini:

1. LongShot

cara-screenshot-panjang-memakai-aplikasi-longshot

Aplikasi LongShot dapat membantu kamu membuat screenshot panjang di Hp android. Aplikasi ini memang di khususkan untuk membuat screenshot panjang saja, dengan cara penggunaanya yang terbilang cukup simpel.

Berikut ini merupakan tutorial cara mengambil screenshot panjang di hp android dengan menggunakan aplikasi LongShot.
  1. Pertama, unduh aplikasi Longshot di Google Play Store. Aplikasi ini bisa kita unduh dan install secara gratis.
  2. Jika sudah selesai proses unduhannya, langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Longshot di hp kita.
  3. Berikutnya klik “Tangkap Halaman Web”. Nantinya aplikasi Longshot akan membuka semacam browser bawaan dari Longshot.
  4. Kalau browser bawaan Longshot sudah terbuka. Segera masukkan url web di kolom yang telah disediakan aplikasi tersebut. Berikut ini adalah tampilan Longshot saya ketika membuka website sukasukapedia.
  5. Kalau kita sudah menggulir website sampai ke bawah hingga ke ujung website tersebut, Selanjutnya kita klik tombol berwarna oranye yang bertuliskan “Akhiri di sini dan tangkap layar”.
  6. Kemudian, aplikasi Longshot akan menampilkan hasil screenshot dari web yang kita inginkan tersebut. Screenshot yang kita ambil akan terlihat panjang, tergantung dari seberapa panjang halaman web yang kita ambil screenshot nya tadi.
Berikut ini adalah contoh hasil pengambilan Screenshot menggunakan aplikasi Longshot.

Fitur-fitur lainnya yang tersedia pada aplikasi LongShot antara lain menggabungkan beberapa screenshot menjadi satu kesatuan yang memanjang, auto capture screenshot saat kita melakukan scrolling atau menggeser layar, mengambil screenshot laman web yang panjang hanya dengan 2 kali klik saja, dan tidak adanya watermark pada hasil screenshot.

2. Scroll Capture

cara-screenshot-panjang-memakai-aplikasi-scroll-capture

Scroll Capture juga tak kalah keren dari aplikasi LongShot. Setelah kita menginstal aplikasi Scroll Capture, selanjutnya kita cukup langsung menuju laman web atau konten yang ingin kita ambil screenshot nya.

Kemudian, cukup kita klik ikon capture saja, maka jadilah screenshot panjang seperti yang kita inginkan.

Bagaimana, mudah bukan? Itulah beberapa cara untuk mengambil screenshot panjang di semua Hp Android. Sekarang, kita gak perlu bingung dan kerepotan lagi untuk menyimpan konten panjang, karena kita sudah bisa melakukannya hanya dengan screenshot. Selamat mencoba!

0 Comments