Cara Menyalakan Hp Tanpa Tombol Power

Apakah tombol power hp kamu rusak? Atau, kamu memang sengaja tidak ingin menggunakannya? Sebenarnya kita bisa menyalakan hp tanpa menggunakan tombol power, loh.

Penasaran, bagaimana cara menghidupkan dan mematikan hp tanpa menggunakan tombol power tersebut? Simak, tutorialnya dibawah ini!

cara-menyalakan-hp-tanpa-tombol-power

Yang namanya HP pasti suatu saat akan rusak. Entah itu rusak karena terlalu sering dipakai, atau karena memang kita tidak merawatnya dengan baik. Kerusakan pada Hp tersebut, kebanyakan terletak pada tombol power hp tersebut.

Bagaimana cara menghidupkan Hp tanpa menggunakan tombol power, kalau tombolnya rusak dan tidak bisa berfungsi lagi?

Kamu tenang saja, pada artikel kali ini kami sudah menyiapkan tutorial menyalakan hp tanpa tombol power yang ada dibawah ini.

Penyebab Tombol Power Hp Rusak

penyebab-tombol-power-hp-rusak

Sebelum ke pembahasan ini tentang bagaimana cara menyalakan HP tanpa tombol power, ada baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu.

Apa penyebab tombol power bisa cepat rusak?

Jalur Tombol Power Terputus

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tombol power HP rusak. Misalnya saja, karena jalur tombol tersebut terputus atau tidak terhubung dengan baik.

Kenapa jalur tombol power Hp bisa terputus?

Penyebab tombol power terputus bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi tanpa kita ketahui. Apabila HP kita terkena air atau minyak, biasanya akan muncul kerak yang bisa mengakibatkan jalur tidak terhubung dengan semestinya.

Selain itu, hal ini bisa terjadi karena switch pada tombol power yang sudah aus, dengan begitu tembaga yang ada di dalam switch tersebut tidak bisa lagi menyalurkan listrik.

Penyebab rusaknya tombol power HP yang kedua adalah karena adanya arus pendek. Salah satu ciri kalau Hp kita mengalami korsleting atau arus pendek adalah HP akan menyala dan mati dengan sendirinya walaupun kita tidak melakukan apapun.

IC Power Rusak

Tombol power Hp rusak juga bisa disebabkan karena IC power mati atau rusak. Kalian tahu tidak, kalau IC power itu apa? IC power adalah suatu komponen pada HP yang berfungsi untuk mengatur sumber daya listrik dari HP. Bisa dibilang kalau tombol power HP ini ibarat tangan dari IC power.

Jadi, antara tombol power dengan IC power tersebut keduanya saling bekerja sama. Saat kita menekan tombol power Hp, maka kita sudah memberikan tanda sinyal kepada IC power, lalu IC power akan menghidupkan jalur listriknya.

Nah, IC power ini merupakan komponen yang sangat penting yang ada di HP. Jadi, kita harus hati-hati saat menggunakannya.

Kalau IC power Hp rusak, maka Hp tidak akan bisa menyala, karena tidak ada lagi yang mengatur sumber kelistrikan di Hp tersebut.

Apabila Hp kita mengalami beberapa kerusakan seperti yang sudah disebutkan di atas, maka kita jangan dulu bingung atau atau panik lagi untuk menyalakan Hp tanpa tombol power. simak tutorialnya dibawah ini!

System Open Source

Dengan rusaknya tombol power, bukan berarti kita tidak bisa menghidupkan dan mematikan hp lagi loh, dan kita jangan langsung membawanya ke counter untuk service. Kenapa? Karena hal ini bukan masalah yang besar dan rumit.

Apalagi kalau kita sedang tidak memegang uang Cash, dan terpaksa harus mengambilnya dari tabungan kita. Sayang banget bukan? Walaupun tidak terlalu mahal, tapi setidaknya kita bisa mengakalinya dulu untuk sementara waktu sampai memiliki uang cash, jadi kita tidak perlu mengambil uang tabungan, apalagi samapi pinjam ke teman atau saudara.

Berapa Harga Service Tombol Power Hp yang Rusak?

Biaya service tombol power Hp hanya berkisar Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu saja sebenarnya, itupun tergantung merk dari Hp tersebut.

Sedangkan apabila kerusakannya ada pada IC power, biaya perbaikan IC Power Hp sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu saja.

Sebenarnya, pada Hp yang memiliki type Smartphone Android sendiri sudah memiliki operating system yang open source didalamnya.

Hal ini memiliki arti kalau sudah ada banyak pengembangan yang telah dilakukan secara individual berdasarkan pengalaman pengguna Smartphone Android.

Jadi, perbanyaklah membaca, karena kita tidak perlu membeli buku. Kamu bisa sering berkunjung ke sukasukapedia.com, karena di website ini ada berbagai informasi menarik tentang teknologi, bisnis dan usaha, kartu kredit, smartphone baik itu android maupun iPhone, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kita tidak perlu pergi membeli atau mengunduh buku di google book atau toko buku, dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Sebab kita hanya perlu duduk manis di kursi sambil ngopi dan juga membaca berbagai informasi yang ada di website sukasukapedia ini.

Cara Menyalakan Hp Android Tanpa Tombol Power

cara-mudah-menyalakan-hp-tanpa-tombol-power

Apakah kamu masih kebingungan bagaimana cara menyalakan HP tanpa tombol power?

Apa bisa ya? Tentunya sangat bisa, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyalakan Hp Android tanpa tombol power, diantaranya ialah sebagai berikut:

Menggunakan Ejector SIM Card

Pada cara yang pertama untuk menyalakan Hp tanpa tombol power, kita bisa menggunakan ejector SIM Card atau sejenisnya untuk menghidupkan HP. Biasanya, Tray SIM atau wadah SIM Card tersebut bisa membuat layar HP hidup saat dikeluarkan. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Ambil dan siapkan Ejector SIM Card HP atau benda sejenisnya.
  2. Masukan bagian ujungnya ke lubang yang ada di samping HP untuk mengeluarkan Tray SIM Card.
  3. Selanjutnya, keluarkan Tray SIM yang ada di HP.
  4. Setelah Tray SIM sukses dikeluarkan, biasanya HP akan langsung hidup tanpa menggunakan tombol power.
  5. Apabila HP sudah hidup, pasang kembali Tray SIM untuk mulai menggunakannya.
Namun, pastikan kalau kita sudah melakukannya dengan hati-hati. Pada saat memasangkannya kembali, jangan sampai ada kotoran yang menempel pada SIM Card. Sebab, kotoran yang menempel pada SIM Card bisa menyebabkan sim card tidak terbaca di Hp kita.

Menggunakan PowerBank atau Charger

Metode kedua, kita bisa memakai bantuan power bank atau charger untuk menghidupkan HP tanpa tombol power. Hanya saja, cara ini bisa digunakan ketika tombol power mengalami masalah mendadak. Caranya:
  1. Ambil dan siapkan PowerBank atau Charger Hp kita.
  2. Sambungkan HP ke charger atau powerBank.
  3. Selanjutnya, layar HP akan menyala atau aktif.
  4. Setelah Hp menyala, kita bisa langsung melepaskan charger.
Catatan: Cara ini hanya bisa kita lakukan saat kondisi HP masih dalam keadaan aktif/menyala/hidup. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu kalau kita sudah menghemat baterai smartphone sebelum menggunakan cara yang satu ini. Supaya kondisi hp kita tetap menyala dalam kondisi darurat.

Menggunakan Tombol Volume

Pernahkah kita berpikir akan kegunaan dari tombol lainnya yang ada di smartphone kita? Nah, perlu kita ketahui sebelumnya kalau kita juga bisa menyalakan Hp tanpa menggunakan tombol power dengan memanfaatkan tombol volume.

Dengan demikian, tentu saja tombol volume ini akan sangat berguna untuk kita di saat terjadi kerusakan pada tombol power. So, bagaimana cara menghidupkan HP dengan dengan menggunakan tombol volume ini?
  1. Saat kondisi HP kita masih dalam keadaan hidup dan aktif, unduh & install dulu aplikasi Power Button to Volume Button yang ada di Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi terinstal, langsung saja buka dan jalankan aplikasinya.
  3. Atur dan aktifkan pengaturan Enable/Disable Volume Power sesuai dengan kebutuhan.
  4. Selesai.
Sekarang, kita sudah bisa menyalakan HP dengan menggunakan tombol volume up atau down. Sementara itu, untuk mematikannya kita hanya perlu membuka panel notifikasi kemudian pilih Turn off screen.

Menggunakan Fitur Sensor Android

Berbagai macam sensor yang ada pada Smartphone android seperti fingerprint (sidik jari), face unlock, dan sejenisnya. Semuanya bisa kita gunakan saat tombol power HP kita rusak secara mendadak.

Biasanya, semua sensor tersebut bisa kita gunakan untuk menyalakan layar Hp. Sehingga bisa kita pakai untuk menghidupkan HP tanpa tombol power.

Aktifkan Fitur Double Tap to Wake

Cara selanjutnya untuk menyalakan Hp tanpa tombol power, kita bisa memakai fitur bawaan ponsel yang sering disebut dengan double tap to wake. Fitur ini akan sangat membantu kita untuk menghidupkan Hp.

Perlu kita ketahui juga kalau fitur double tap to wake hanya ada di smartphone keluaran terbaru saja ya. Jadi, apabila Hp kita masih tipe lama, maka harus melakukan root terlebih dahulu untuk memakai fitur yang satu ini.

Cara mengaktifkan fitur double tap to wake untuk menyalakan Hp tanpa tombol power:

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Selanjutnya, scroll kebawah dan temukan Tentang Ponsel.
  3. Ketuk 7 kali pada Build Number (Nomor Bentukan).
  4. Kemudian, kembali ke menu Pengaturan.
  5. Terakhir, temukan fitur double tap to wake. setelah ketemu, maka langsung aktifkan fitur tersebut.

Aplikasi Pengganti Tombol Power

Selain menggunakan aplikasi Power Button to Volume Button untuk menyalakan HP tanpa tombol power, ternyata masih ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengganti tombol power, loh. Beberapa diantaranya ialah:

Power Button to Volume Button
Gravity Screen (Berfungsi untuk mengaktifkan HP dengan menggerakkan HP saja)
Double Tap Screen (Berfungsi untuk Double Tap to Wake di HP)
Auto Screen On Off (Berfungsi untuk menyalakan atau mematikan HP dengan menggunakan sensor jarak)
Atau, kita juga bisa mencari aplikasi pengganti tombol power yang lainnya di Google Play Store secara langsung.

Hubungkan ke PC/Laptop

Metode selanjutnya untuk menyalakan HP tanpa tombol power adalah dengan menghubungkannya ke PC/Laptop.

Cara melakukannya sama saja seperti saat kita akan menghubungkan HP ke PC menggunakan kabel data USB. Pada beberapa smartphone, bisa langsung hidup dan aktif saat kita menyambungkannya ke PC/Laptop.

Namun, apabila H kita belum mendukung, coba install driver untuk merk smartphone kita terlebih dahulu.

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Dalam Keadaan Mati

Lalu, apakah memang bisa menyalakan HP tanpa tombol power jika smartphone dalam keadaan mati atau tidak aktif? Tentu saja bisa, caranya yaitu dengan menggunakan bantuan PC/Laptop yang sudah terinstal software Minimal ADB and Fastboot.

Sebelumnya kita menggunakan cara ini untuk menyalakan hp yang mati, kita harus setting smartphone dan mengaktifkan USB debugging yang ada di opsi Debeloper options. Caranya:
Siapkan PC/Laptop yang kita miliki.
Unduh dan install software Minimal ADB and Fastboot disini.
  1. Ambil ponsel atau smartphone kita.
  2. Dalam keadaan mati/tidak aktif, masuklah ke mode bootloader/fastboot. Caranya, tahan tombol volume down dan sambungkan HP Android dengan PC menggunakan kabel USB sampai muncul gambar fastboot.
  3. Buka software Minimal ADB and Fastboot yang memiliki tampilan seperti Command Prompt.
  4. Untuk mengecek apakah perangkat sudah terhubung, kita hanya perlu masukkan perintah adb devices kemudian tekan Enter pada keyboard.
  5. Untuk mulai melakukan restart perangkat, kita masukkan perintah fastboot reboot dan tekan tombol Enter. Maka secara otomatis, HP akan melakukan restart dan masuk ke tampilan awal.
Nah, mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan dikesempatan kali ini mengenai cara menyalakan HP tanpa tombol power dengan beberapa tutorial pilihan yang mudah dari kami.

0 Comments