Tombol Power Hp Rusak? Begini Cara Menghidupkannya

cara-menghidupkan-hp-yang-tombol-power-rusak

Kerusakan pada smartphone tentu saja sudah menjadi hal yang sangat wajar dan sering terjadi. Salah satunya yang paling sering dialami adalah tombol power HP Hp rusak. Lalu, bagaimana cara menghidupkan HP tanpa tombol power?

Walaupun mungkin biaya servis untuk memperbaiki tombol power hp yang rusak ini tidak seberapa, tapi pastinya akan menjadi sangat boros kalau hal ini sering terjadi.

Nah, untungnya sukasukapedia.com sudah memiliki tips dan trik untuk memperbaiki tombol power Hp yang rusak. Penasaran, bagaimana caranya? Simak tutorial selengkapnya dibawah ini!

Kita tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk memperbaikinya, loh! Penasaran? Berikut ini adalah beberapa cara menghidupkan HP tanpa tombol power.

Cara Menghidupkan HP Apabila Tombol Power Rusak

Setidaknya ada dua kondisi ketika tombol power Hp rusak, yaitu dalam keadaan aktif (hidup) dan nonaktif (mati).

Semua kondisi tersebut bisa kita atasi dengan mudah untuk menyalakan layar HP ketika tombol power rusak dengan beberapa metode yang ada di bawah ini.

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power Dalam Keadaan Aktif

Beruntunglah apabila kita masih mendapati tombol power HP rusak, tetapi masih dalam keadaan aktif dan masih bisa digunakan.

Nah, kalau HP kita kebetulan mengalami hal tersebut, kami akan memberi tahu kamu tutorial mengenai cara menghidupkan HP tanpa tombol power dengan mudah.

Cara ini bisa kita lakukan untuk berbagai jenis merk, jenis, tipe Hp. Baik itu Samsung, Vivo, Xiaomi, Realme. Oppo, ataupun yang lainnya ketika tombol power Hp rusak.

1. Colok Dengan Menggunakan Benda Lain

Pada beberapa kasus tombol power Hp rusak dan tidak berfungsi, biasanya diakibatkan karena bagian luar atau covernya yang hilang dan hanya menyisakan bagian karet yang ada di dalamnya saja.

Apabila tombol power Hp rusak dengan kondisi seperti itu, kita bisa menggunakan benda lain untuk menekan bagian dalamnya, seperti tusuk gigi, SIM card ejector, atau yang lainnya supaya bisa menekan bagian benjolan yang ada di dalamnya.

Oh iya, pastikan kita juga tidak menggunakan benda yang tajam untuk menekan tombol power hp yang rusak. Apabila kita menggunakan tusuk gigi, maka kita pastikan terlebih dahulu kalau ujungnya sudah tumpul, ya!

Kalau memang tombol power Hp rusak bagian luarnya saja, dan bagian dalam masih berfungsi, seharusnya dengan menggunakan cara yang satu ini smartphone kita masih bisa di gunakan kembali.

2. Sambungkan dengan Charger atau Powerbank

Apabila kita tidak mau ribet, maka kita bisa mencoba untuk mengisi daya smartphone selama beberapa saat. Entah itu menggunakan adapter charger yang biasa, ataupun dengan menggunakan powerbank untuk menghidupkan Hp yang tombol powernya rusak.

Apabila Hp kita masih dalam keadaan aktif dan hidup, nantinya layar akan otomatis menyala sendiri saat kita hubungkan ke charger.

Kemudian, tinggal membuka kunci layar, baik itu dengan menggunakan swipe atau memasukkan PIN ataupun pola.

3. Menggunakan Tombol Lain untuk Menyalakan Layar Hp yang Tombol Powernya Rusak

Kemudian, kita juga bisa menggunakan tombol lain untuk menggantikan fungsi dari tombol power Hp rusak. Salah satunya adalah dengan menggunakan tombol volume up dan down.

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu kalau kita memang masih bisa membuka layar dengan menggunakan metode yang ada pada poin 1 dan 2. Selanjutnya, kita hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.
  1. Unduh dan install aplikasi Power Button to Volume Button.
  2. Ketuk opsi Enable/Disable Volume Power sampai ikon gear berubah warnanya.
  3. Aktifkan opsi Boot dan Screen Off supaya kita bisa sepenuhnya menggunakan tombol volume sebagai pengganti tombol power Hp rusak.
  4. Restart smartphone untuk mulai menggunakan aplikasi pengganti tombol power Hp rusak.
  5. Gunakan tombol volume up atau down sebagai pengganti tombol power Hp yang rusak. Tekan Turn off screen untuk mematikan layarnya.

4. Aktifkan Fitur Double Tap to Wake

Selain menggunakan cara diatas, kita juga bisa menggunakan fitur Double Tap to Wake yang biasanya sudah tersedia untuk smartphone rilisan yang terbaru.

Untuk mengganti fungsi tombol power Hp rusak, kita hanya perlu mengetuk layar sebanyak dua kali dalam keadaan mati untuk menyalakan layar dan membuka kunci smartphone.

Namun, untuk smartphone dengan versi lama yang belum memiliki fitur ini, kita bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store, dan cara menghidupkan Hp yang tombol powernya rusak, bisa kita simak tutorialnya dibawah ini.
  1. Unduh dan install aplikasi Double Tap Screen On and Off di Google Play Store.
  2. Aktifkan opsi Double tap to Screen On. Klik OK apabila muncul notifikasi peringatan.
  3. Klik aplikasi dengan nama Screen Off untuk mematikan layar. Aktifkan izin Device Administrator terlebih dulu sebelum digunakan.

5. Memanfaatkan Sensor Biometrik

Untuk smartphone rilisan terbaru, mulai dari segmen entry level hingga flagship, saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan sensor biometrik bawaan Hp.

Salah satu yang paling sering kita temui adalah sensor fingerprint atau sidik jari. Selain itu ada juga fitur sensor biometrik yang lainnya, seperti face unlock sampai irish scanner yang juga pernah digunakan.

Untuk menghidupkan HP tanpa tombol power untuk semua merk, seperti Samsung, ASUS, Vivo, Lenovo, atau OPPO, kita bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.
  1. Buka halaman Settings yang ada pada Smartphone.
  2. Pilih opsi Lock screen & password.
  3. Klik opsi Add fingerprint. Pilih jenis kunci layar yang kita inginkan.
  4. Atur PIN atau kunci layar sesuai dengan keinginan. Klik 'Got It' pada jendela pop-up yang muncul.
  5. Ikuti semua proses penambahan sidik jari sesuai dengan apa yang ditampilkan.
  6. Tambahkan sidik jari lainnya apabila diperlukan. Klik tombol Done bila sudah selesai.

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power Dalam Keadaan Mati

Lalu, bagaimana cara menghidupkan hp yang mati tanpa menggunakan tombol power?

Sebenarnya kita masih bisa menggunakan cara yang lain, yaitu dengan menggunakan PC atau laptop yang sudah dipasang software Minimal ADB and Fastboot.

Namun, sebelum itu kita pastikan terlebih dahulu kalau smartphone kita sudah mengaktifkan fitur USB debugging yang ada pada opsi Developer options. Berikut cara menghidupkan Hp tanpa tombol power dalam keadaan mati.
  1. Unduh dan jalankan software Minimal ADB and Fastboot.
  2. Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan, saat HP dalam keadaan mati.
  3. Sambungkan smartphone ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  4. Buka software Minimal ADB and Fastboot.
  5. Masukkan perintah 'adb devices' dan klik Enter untuk mengecek apakah perangkat sudah terhubung.
  6. Masukkan perintah 'fastboot reboot' dan klik Enter.
Setelah kita melakukan langkah-langkah yang ada di atas, maka secara otomatis Hp kita akan melakukan restart secara otomatis dengan sendirinya, dan masuk ke tampilan awal.

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghidupkan Hp saat tombol power rusak.

Sekarang kita tidak perlu panik lagi dan terburu-buru pergi ke service center ketika tombol power Hp rusak untuk memperbaikinya.

0 Comments