CARA MENGATASI APLIKASI TERHENTI / FORCE CLOSE DI ANDROID TERBARU 2024



Banyak aplikasi perangkat seluler sangat bermanfaat dan menghibur, tetapi sistem operasi mobile juga kadang-kadang mengalami masalah. Salah satunya adalah aplikasi yang terhenti tiba-tiba. Para pengguna Android harus mengetahui cara mengatasi aplikasi yang terhenti sehingga mereka tidak perlu khawatir saat mendapatkan peringatan tiba-tiba tentang kegagalan aplikasi.
Faktor Penyebab Aplikasi Terhenti di Android

Sebelum kita berbicara tentang cara mengatasi aplikasi terhenti, kita harus memahami alasan mengapa itu terjadi. Aplikasi di Android terkadang terhenti tiba-tiba saat digunakan. Pesan yang diterima saat aplikasi terhenti adalah "Sayangnya aplikasi telah berhenti" atau "Sayangnya aplikasi telah berhenti." Apa sebenarnya yang menyebabkannya? Dua penyebab yang paling umum adalah berikut :

1. Kapasitas memori RAM yang penuh
Bagaimana aplikasi berjalan di Android dipengaruhi oleh jumlah RAM yang digunakan. Jika aplikasi menggunakan RAM yang terbatas, tetapi aplikasi berjalan di background terlalu banyak, RAM akan menjadi penuh, menyebabkan aplikasi kehabisan memori ketika aplikasi sedang berjalan. sehingga saat dibuka, akan ada masalah dan bahkan tidak dapat digunakan.

2. Menumpuk File Cache Aplikasi
Semua aplikasi di sistem Android selalu menyimpan file cache untuk mempercepat penggunaan berikutnya. Namun, file cache ini akan menumpuk jika tidak dibersihkan secara teratur. sehingga menurunkan kinerja smartphone. saat menggunakan aplikasi. Saat digunakan, aplikasi dapat menunggu lebih lama atau bahkan berhenti tiba-tiba.

Beberapa alasan aplikasi berhenti secara tiba-tiba jelas akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari tiga metode untuk mengatasi aplikasi terhenti ini. Bisa meningkatkan kinerja smartphone selain mengatasi aplikasi terhenti. 

1. Lihat Kartu SD
Semua jenis smartphone Android dapat menggunakan kartu microSD, tentu saja untuk tujuan menyimpan berbagai file masuk, termasuk aplikasi yang dipasang, tetapi terkadang kartu microSD dapat mengalami masalah. akibatnya, aplikasi Android terhenti saat digunakan.
Mengatasi aplikasi yang terhenti ini dapat dilakukan dengan mematikan smartphone dan mengeluarkan kartu microSD dari slotnya. Kemudian, diamkan smartphone sejenak hingga dapat dipasang kembali, dan coba menyalakannya kembali. 

2. Membersihkan Cache dan Data Aplikasi
Selain itu, cache dan data error aplikasi dapat menyebabkan aplikasi terhenti. Manajemen aplikasi dapat mengontrol situasi ini dengan menghapus cache dan data aplikasi di smartphone Android.
Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih Andorid, seperti CCleanser, untuk membersihkan seluruh aplikasi sekaligus. Untuk melakukan ini, klik menu Pengaturan, lalu pilih Manajemen Aplikasi, dan kemudian pilih Aplikasi dan pilih Hapus Cache dan Hapus Data.

3. Uninstall aplikasi, lalu reinstallnya
Jika kedua metode di atas tidak dapat menyelesaikan masalah, masalah tersebut mungkin berasal dari aplikasi itu sendiri. Ada kemungkinan bahwa data aplikasi tertentu rusak, yang menyebabkan mereka tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Cara selanjutnya untuk mengatasi aplikasi terhenti adalah dengan melakukan uninstall dan install ulang aplikasi. 

Karena perlu meng-install ulang aplikasi, metode ini mungkin membutuhkan banyak kuota data, tetapi dapat menjadi metode yang paling efektif untuk mengatasi aplikasi terhenti. Caranya adalah menemukan menu Pengaturan, memilih Manajemen Aplikasi, memilih Aplikasi, dan kemudian klik Uninstall. Untuk menginstall kembali, Anda dapat membuka Google Play Store, memilih aplikasi yang telah dihapus, lalu klik Install.

Untuk mengatasi kendala saat menggunakan aplikasi, Anda dapat mempelajari cara atasi aplikasi terhenti di Android tersebut, tentu saja dengan mengetahui penyebab kendala tersebut, sehingga langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut sesuai. Selain itu, membersihkan cache dan data aplikasi secara teratur akan meningkatkan kinerja aplikasi berjalan. Semoga Anda berhasil.

0 Comments