Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Akun Facebook Terkena Sesi atau Terkunci Permanen

cara-membuka-akun-fb-kena-sesi

Untuk mengatasi akun Facebook yang Terkena sesi permanen bisa kita lakukan dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengunggah tanda pengenal berfoto seperti SIM atau KTP. Langkah ini harus kita lakukan sebelum disetujui masuk ke akun Facebook.

Tetapi, masih ada banyak orang yang belum mengerti dan merasa kesulitan untuk membuka Facebook yang terkena sesi atau terkunci menggunakan cara yang sudah dijelaskan di atas.

Kebanyakan dari mereka, memiliki masalah karena belum atau tidak punya Kartu Identitas (ID). Sehingga, mereka kesulitan untuk melewati proses pemeriksaan atau mengkonfirmasikan identitas akun Facebook mereka.

Kabar baiknya, masih banyak berbagai macam cara, trik atau tutorial untuk membuka sesi akun Facebook yang bisa kita lakukan. Semua cara, tips dan trik akan dijelaskan secara lengkap dan eksklusif di postingan kali ini.

Walaupun banyak penyedia jasa untuk membuka akun Fb yang terkena sesi, sebelum menggunakan jasa mereka, tak ada salahnya kalau kita mencobanya terlebih dahulu untuk mengembalikan akun Fb yang terkena sesi dan terkunci.

Namun, kalau kita tidak mempunyai waktu luang ataupun tidak ingin direpotkan sama hal seperti ini, kita bisa langsung menggunakan jasa yang saat ini banyak bertebaran di Google, atau menghubungi salah satu admin sukasukapedia untuk membukanya.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan inti yaitu cara mengatasi akun Fb yang terkena sesi, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih penyebab akun Facebook terkena sesi? Menurut kami, hal ini sangat penting agar kita bisa menghindari masalah ini.

Penyebab Akun Facebook Terkena Sesi

penyebab-akun-fb-terkena-sesi

Akun Fb yang terkena sesi dan diminta untuk melakukan persetujuan masuk bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan aktivitas yang ada dibawah ini. Contoh dibawah ini hanya beberapa saja, masih ada contoh yang lainnya akan kami perbarui pada pertemuan berikutnya.

1. Menggunakan Tools Auto Posts

Memposting status di Facebook secara otomatis dengan menggunakan alat atau Tools Auto Post adalah salah satu penyebab akun Fb terkena sesi.

Biasanya, alat atau tools tersebut sering digunakan oleh orang yang aktif berjualan di grup Facebook.

Dengan adanya tools ini kita bisa mempersingkat waktu, karena kita tidak perlu lagi mengetik ulang status yang sama berulang kali.

Tetapi, kalau kita terlalu sering mengakses dan menggunakan tools auto posts ini bisa menimbulkan spam yang mengakibatkan akun Facebook kita terkena sesi dan terkunci. Hal itu disebabkan karena aktivitas seperti ini merupakan salah satu pelanggaran kebijakan Standar Komunitas Facebook.

Masalah ini jarang disadari oleh beberapa pengguna Fb. Bahkan, kalau pelanggaran yang dilakukan berulang kali dan terlalu berat bisa menyebabkan akun Facebook dinonaktifkan permanen.

Apabila kita menggunakan tools ini dengan bijak dan masih dalam tahap yang wajar, maka akun Facebook kita masih tetap aman. Namun, kami menganjurkan kamu untuk tidak menggunakan tools auto posting tersebut.

2. Memasang Profil Guard

Mengaktifkan profil guard menggunakan bantuan dari situs pihak ketiga bisa menyebabkan waktu sesi habis pada akun Fb kita. Masalah ini sering terjadi pada saat proses pengambilan kode akses token Facebook.

Profil guard adalah fitur terbaru yang diluncurkan oleh Facebook ini berfungsi sebagai pengaman foto profil agar tidak dicuri oleh orang lain.

Menu fitur guard ini hanya akan muncul pada akun Facebook di negara India saja. Sampai sekarang, fitur ini belum ada di akun Facebook negara yang lain.

Tapi seiring berkembangnya teknologi dan munculnya berbagai tips dan trik menarik tentang Facebook, kini pengguna Fb diluar India juga bisa menerapkan fitur guard di foto profil mereka.

Kita juga bisa menerapkan fitur guard secara aman dengan mengikuti langkah-langkah cara mengaktifkan profil guard Facebook di akun Facebook lama.

3. Menggunakan Auto Like dan Followers

Mengakses situs auto like dan auto followers untuk memperbanyak jumlah like dan pengikut bisa menyebabkan hilangnya sesi Fb dalam waktu sekejap saja.

Ketika akun Facebook checkpoint, pengguna akan diminta untuk mengganti kata sandi Fb lama dengan yang baru.

Proses mengubah kata sandinya juga sedikit merepotkan, karena kita harus masuk ke akun Fb melalui komputer atau mode desktop  yang ada di browser Google Chrome.

4. Memposting Konten yang Melanggar Kebijakan Facebook

Ujaran kebencian adalah suatu tindakan intimidasi yang dilarang oleh pihak Facebook karena dapat mengakibatkan kekerasan di dunia nyata dan berakibat akun Fb terkunci.

Aktivitas ujaran kebencian yang dilakukan di Facebook bisa diartikan sebagai serangan secara langsung kepada orang lain berdasarkan karakteristik yang dilindungi, yaitu ras, agama, etnis, jenis kelamin dan penyakit berat atau disabilitas.

Selain itu, pengguna Facebook juga dilarang mengunggah konten berupa foto ataupun video yang bersifat kekerasan, ancaman secara nyata dan melecehkan orang lain.

Facebook akan secara otomatis menghapus konten yang berisi penghinaan atau merayakan penderitaan orang lain karena konten sejenis itu dapat menciptakan lingkungan yang menghambat partisipasi.

Tetapi, Facebook mengizinkan konten kekerasan dengan batasan tertentu untuk membantu pengguna Fb yang lainnya mengetahui tentang berbagai peristiwa.

Pengguna Facebook tidak diizinkan untuk membuat status menggunakan bahasa yang kasar dengan tujuan untuk merendahkan orang lain dan memposting gambar, foto atau yang tidak pantas.

Pembatasan unggahan konten tidak pantas juga diterapkan terhadap konten yang dibuat secara digital, kecuali yang diunggah untuk tujuan edukasi atau pendidikan.

Tindakan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran konten tanpa izin pemilik yang dapat berdampak buruk pada anak yang masih berada dibawah umur.

5. Membagikan Link Aktif

Memposting status di Facebook dengan menyertakan link aktif bisa berdampak buruk untuk akun Fb, seperti terkena sesi, dinonaktifkan, dan terkunci sementara atau selamanya.

Selain itu, sering membagikan postingan yang berisi link aktif seperti tautan berita juga bisa menyebabkan konten yang kamu bagikan dianggap spam oleh pihak Facebook.

Jika kamu merupakan salah seorang Blogger dan memiliki blog yang masih baru, pasti sering membagikan link aktif di grup Fb. Biasanya aktivitas seperti ini sering dilakukan sebagai langkah awal untuk mendatangkan visitor dari media sosial.

Tidak hanya sebatas itu saja, memposting status yang menyertakan link aktif juga kerap dilakukan oleh orang yang berjualan secara online.

Jika kita terlalu fokus dan sering mengirimkan link aktif, maka akan berdampak buruk pada akun Fb yang menyebabkan akun Facebook kita ditangguhkan dan dikunci.

Selengkapnya baca artikel cara mengatasi URL / Link yang diblokir Facebook.

6. Melakukan Spam Komentar

Mungkin kamu pernah mendengar istilah "nyepam". Istilah tersebut sering dikaitkan dengan aktivitas memposting dan berkomentar secara berlebihan.

Melakukan komentar berlebihan tanpa adanya jeda waktu yang cukup lama, bisa menyebabkan akun Facebook secara tiba-tiba kehilangan sesi untuk masuk.

7. Memasang Foto Profil Centang

Memasang foto centang original untuk foto profil bisa menyebabkan akun Facebook terkena sesi limit. Foto centang adalah sebuah gambar ceklis yang menyerupai logo verifikasi (verified) dari Facebook.

Logo verified ini hanya diberikan oleh Facebook kepada akun resmi seperti profil artis terkenal, organisasi resmi dan tokoh publik yang lainnya.

Tanda ceklis resmi Facebook memiliki warna biru, sedangkan foto profil centang memiliki banyak pilihan warna seperti merah, hitam, kuning, hijau dan yang lainnya.

Ada trik khusus untuk menerapkan gambar centang untuk profil akun Fb. Contohnya seperti pada artikel yang sudah kami buat sebelumnya, kamu tinggal mencarinya didalam web sukasukapedia.com ini.

8. Masuk ke Web Pishing

Salah satu penyebab akun Facebook dikunci sementara adalah karena masuk kedalam web pishing. Banyak orang yang mencari keuntungan dengan membuat web pishing untuk mencuri akun Facebook pengguna yang lainnya.

Ketika pemilik web pishing membuka akun Fb kita, pada saat itu juga akun Facebook akan terkunci karena terdeteksi melakukan aktivitas yang mencurigakan.

Selain pishing, login ke akun di perangkat yang berbeda atau yang tidak biasa digunakan juga dapat mengakibatkan akun Facebook tiba-tiba dikunci.

9. Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi dua faktor adalah salah satu cara untuk mengamankan akun Facebook. Apabila fitur ini diaktifkan, maka akan mendapatkan pemberitahuan ketika ada seseorang yang berusaha untuk masuk ke akun Fb di perangkat baru.

Cara kerja autentikasi dua faktor ini, kita diharuskan untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS. Kode tersebut merupakan kode keamanan setelah memasukkan kata sandi akun Fb.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan kode keamanan yang lain, tapi kita harus menyetujui persetujuan masuk melalui perangkat yang sebelumnya telah digunakan.

Pada kasus tertentu, mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan akun Facebook terkunci permanen, kecuali nomor telepon yang kita gunakan pada akun tersebut masih aktif.

Intinya, fungsi autentikasi dua faktor ini adalah untuk mengunci akun Facebook agar tidak bisa dibuka oleh orang lain.

Berapa lama akun Facebook Terkena Sesi?

Pada umumnya, akun Fb yang kena sesi bisa langsung terbuka dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 21-30 hari. Tetapi, masalahnya ini bukan terjadi pada kasus selfi dan akun Facebook yang dinonaktifkan.

Kasus akun Facebook yang dinonaktifkan karena selfi atau mengunggah foto diri biasanya hanya dialami oleh akun Fb yang baru mendaftar saja. Tetapi, bisa saja terjadi ke akun Fb yang sudah lama. Namun, hal itu sangat jarang terjadi.

Sedangkan, untuk akun Facebook lama cenderung akan langsung dinonaktifkan dan dikunci. Kebetulan, sukasukapedia juga pernah membuatkan tutorialnya untuk membuka akun Facebook yang dihapus permanen. Mungkin bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Akun Facebook Terkena Sesi Permanen

cara-membuka-akun-fb-terkena-sesi

Jika akun Facebook Kena sesi dan dikunci untuk sementara atau permanen berarti Facebook telah mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan, sehingga menyebabkan akun terkena sesi.

Misalnya saja, ada seseorang telah mencoba untuk masuk ke akun Facebook kita, atau yang biasanya disebut dengan istilah pishing. Namun, masih ada beberapa hal lain sebagai penyebabnya, seperti login pada perangkat baru, dan sebagainya.

Cara Mudah mengatasi sesi habis pada akun Facebook

  1. Tebak komentar sesuai aktivitas akun sebelumnya.
  2. Menebak 5 foto teman yang ada di akun Facebook secara benar.
  3. Mendapatkan kode yang dikirim melalui nomor HP yang sebelumnya sudah dicantumkan pada akun Facebook.
  4. Dapatkan kode pemulihan akun yang dikirimkan ke alamat email akun Facebook.
  5. Mengunggah tanda pengenal berfoto atau kartu identitas seperti SIM, KTP, atau Paspor.
  6. Memasukkan informasi seperti tanggal lahir sesuai dengan yang tercantum pada akun FB.
  7. Setujui masuk dari perangkat lain.

Cara Mudah Mengatasi Akun Facebook Terkena Sesi Habis dengan Menggunakan Nomor HP

  1. Masuk ke aplikasi Facebook, lalu klik Login
  2. Masukkan Email atau Nomor ponsel dan kata sandi akun Facebook, kemudian klik Masuk. 
  3. Setelah itu, sesuaikan kode negara dan masukkan nomor telepon seluler yang masih aktif dan belum pernah dipakai untuk mendaftar akun Facebook. Kalau sudah, klik Kirim Kode.
  4. Tunggu beberapa menit hingga mendapat pesan melalui SMS yang berisi 6 digit kode angka untuk verifikasi akun Facebook.
  5. Tekan Kirim Ulang Kode Konfirmasi kalau belum menerima notifikasi kode konfirmasi akun Facebook.
  6. Periksa pesan SMS dan salin kode verifikasi tersebut.
  7. Masukkan pada kolom yang telah tersedia. Kemudian, klik Selanjutnya.
  8. Selesai, akun Facebook yang terkena sesi telah berhasil dibuka kembali.

Cara Mudah Mengembalikan Akun Facebook yang Terkena Sesi Hilang

  1. Login ke akun Facebook melalui aplikasi Fb lite atau browser.
  2. Jika sebelumnya pernah masuk melalui aplikasi Facebook lite, kita hanya perlu memasukkan ulang kata sandi, lalu klik Login.
  3. Setelah itu, untuk masuk ke akun Facebook, kita perlu mengkonfirmasi identitas terlebih dahulu, klik OK.
  4. Klik Pilih File, lalu unggah foto diri yang menunjukkan wajah kita secara jelas tanpa terhalangi apapun.
  5. Usahakan foto yang diambil setengah badan dalam cahaya yang terang agar hasilnya jelas. Kemudian, klik Lanjutkan.
  6. Setelah 24 jam akun yang kesesi akan bisa terbuka kembali. Tetapi, kadang masa peninjauannya bisa membutuhkan waktu yang lebih lama.
Jika akun Facebook kamu mengalami masalah sesi habis yang lainnya, kamu juga bisa membaca artikel mengenai cara membuka akun Facebook yang terkunci untuk membukanya.

Cara Mengunggah Tanda Pengenal Berfoto untuk Konfirmasi Identitas Sesi Akun Facebook

verifikasi-identitas-akun-facebook

Berikut ini adalah cara mengatasi sesi FB konfirmasi identitas atau unggah tanda pengenal berfoto. Simak selengkapnya dibawah ini:
  • Login ke akun Facebook dengan memasukkan nomor telepon atau alamat email dan kata sandi.
  • Setelah masuk ke akun Facebook, kita akan mendapatkan sebuah notifikasi pemberitahuan yang menyatakan bahwa "Seseorang Mungkin Telah Masuk ke Akun Anda". Kemudian, klik Lanjutkan.
  • Pilih opsi pemeriksaan keamanan akun Facebook kita dengan menandai bagian Unggah tanda pengenal berfoto dan klik Lanjutkan.
  • Klik Lanjutkan pada halaman konfirmasi identitas.
  • Klik Ambil Foto untuk mengambil salinan atau foto Identitas kita secara langsung. Pastikan foto identitas yang kita ambil tidak buram dan data bisa terbaca dengan jelas. Kita bisa menggunakan identitas resmi seperti KTP, SIM, atau Paspor. Setelah itu centang pada keterangan "Saya Sudah Melampirkan ID dari grup satu di artikel Pusat Bantuan berikut ini". Kalau sudah, klik Lanjutkan.
  • Masukkan alamat email yang masih aktif dan bisa dihubungi. Email tersebut akan digunakan sebagai sarana menerima pesan dari tim Facebook. Langkah selanjutnya, klik Lanjutkan.
  • Centang kolom untuk memastikan hanya kita yang mengetahui kata sandi dan mengakses Email. Lalu, klik Lanjutkan.
  • Klik OK dan tunggu proses peninjauan akun oleh tim Facebook.
Untuk proses peninjauan tanda pengenal yang sudah kita kirimkan ke pihak Facebook, memerlukan waktu sekitar 24 jam. Namun terkadang bisa lebih cepat atau lambat.

Jadi, pastikan selalu memeriksa notifikasi setiap Email yang masuk dari Facebook. Email tersebut berisi tautan pemulihan kata sandi akun Fb dan kata sandi sementara.

Tautan dan kata sandi otomatis akan hangus dalam kurun waktu 24 jam. Jika tautan dan kata sandi sementara tidak diakses, maka harus mengirimkan ulang kartu identitas kita.

Artinya kita harus mengulang lagi dari awal dengan mengikuti tutorial di atas.

Beberapa hal yang harus kita perhatikan kalau kartu identitas kita ditolak dalam verifikasi, diantaranya adalah:

Pastikan data akun Fb yang terkena sesi sama seperti data pada kartu identitas kita. Contohnya: Nama, Tempat dan Tanggal Lahir.
Usahakan data identitas bisa terbaca dengan jelas terutama pada bagian nama, foto, nomor nomor identitas, tanggal lahir dan alamat.
Semua sisi identitas tidak terpotong sedikitpun saat mengambil foto tanda pengenal.
Saat mengambil foto, usahakan dalam area dengan cahaya yang cukup terang.

Itulah ke empat poin utama yang harus kita perhatikan, sebelum mengunggah tanda pengenal atau identitas kita.