Lakukan Cara Ini Untuk Atasi Memori Penuh di Android, Dijamin Langsung Lancar

Banyak pengguna smartphone mengeluh bahwa memori ponselnya sudah penuh. Ini karena ponsel seperti otak manusia, memiliki kapasitas penyimpanan data atau file yang besar. Memori ponsel dapat penuh jika terlalu banyak data disimpan, yang menyebabkan lag smartphone. Oleh karena itu, ada perlunya tutorial untuk mengatasi memori penuh Android agar smartphone tidak lag. 



Memori internal adalah memori bawahan ponsel, sedangkan memori eksternal adalah memori tambahan yang disematkan. Bagaimana jika memori internal ponsel penuh?
Instruksi untuk Mengatasi Memori Penuh pada Android

Sebelum mengikuti tutorial atasi memori penuh di Android, ketahui beberapa aplikasi yang digunakan, karena aplikasi ini kadang-kadang tidak diperlukan. Selain itu, ketahui aplikasi yang mengonsumsi jumlah memori yang terlalu besar. Berikut adalah cara untuk mengatasi memori ponsel yang terlalu penuh.

1. Program rutin untuk membersihkan cache
Membersihkan cache aplikasi secara teratur adalah salah satu cara untuk mengatasi memori penuh. Sisa data yang tidak terpakai disebut cache. Bagaimana caranya? Pertama, pergi ke bagian pengaturan. Kemudian, pilih menu manajemen aplikasi. Setelah masuk, klik semua aplikasi yang sering diakses. Lanjutkan dengan mengklik menu "penggunaan penyimpanan". Di sana, Anda akan menemukan pilihan "menghapus cache". Klik menu tersebut.

2. Jangan instal aplikasi berat. 

Banyak aplikasi dan game bermanfaat yang tersedia di Playstore. Pengguna smartphone seringkali tidak menyadari bahwa aplikasi yang diinstal menggunakan terlalu banyak memori. Sebelum men-download aplikasi ini, Anda harus mencari aplikasi lain yang ukuran filenya lebih kecil.

3. Gunakan WhatsApp
Karena hampir semua pengguna smartphone menggunakan WhatsApp, cara selanjutnya untuk mengatasi memori penuh di Android adalah beralih ke aplikasi. Cara pertama adalah mematikan auto download media ke WhatsApp karena jika tidak dimatikan, foto atau video yang dikirim akan langsung terdownload. Selain itu, memori internal ponsel akan dipenuhi secara otomatis.
Yang kedua adalah mengintegrasikan media dan chat ke Google Drive. Jadi tidak perlu khawatir tentang memori WhatsApp yang penuh atau file yang dihapus. Jika Anda ingin mencari file, hanya pergi ke Google Drive dan data Anda tidak akan hilang.

4. Transfer ke memori eksternal
Karena banyaknya aplikasi yang diinstal, memori internal penuh. Ada dua cara untuk mencegah memori internal terlalu penuh: pertama, uninstal aplikasi dan pindahkan aplikasi ke memori eksternal. Pastikan bahwa memori yang digunakan cukup besar dibandingkan dengan memori internal. Cara lain untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal adalah dengan membuka pengaturan atau setting, lalu pilih setelan tambahan. Kemudian buka manajeman aplikasi dan klik terinstal. Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, lalu pilih opsi untuk memindahkan ke memori eksternal atau SD card.
 
5. Tentukan tempat penyimpanan foto kamera
Instruksi terakhir untuk mengatasi memori penuh adalah mengatur lokasi penyimpanan foto kamera. Pindahkan lokasi tersebut dari memori internal ke memori eksternal. Dengan demikian, ketika Anda membidik foto, ia otomatis tersimpan ke memori eksternal atau kartu SD. Anda dapat melakukan ini dengan membuka aplikasi kamera dan menemukan menu setting dan mengubah lokasi penyimpanan dari memori internal ke SD card.

Jika smartphone Anda mulai lemot saat digunakan, Anda dapat menggunakan tutorial untuk mengatasi memori penuh ponsel. Setelah mengikuti tutorial tersebut, diharapkan smartphone Anda akan berjalan seperti biasa saat digunakan. Semoga berguna.
 

Kami berbagi artikel dan panduan tentang teknik komputer dan jaringan selain berfungsi sebagai media tutorial untuk perangkat.

0 Comments